Ekonomi

Gercep! Bupati Eddy Berutu Tinjau Pematangan Lahan Holtikultura Terpadu

PELITARAKYAT.COM, Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melakukan gerakan cepat (Gercep) mempersiapkan lahan untuk pengembangan pertanian hortikultura terpadu di Kecamatan Parbuluan.

Bupati menyebutkan 22 hektar lahan sudah dimatangkan untuk nantinya ditanami tanaman hortikultura seperti bawang merah, cabai, kubis, dan kentang.

“Lokasi lahannya sudah di cek hari Sabtu kemarin. Lahannya luas dan strategis,” kata Bupati Eddy Berutu, Senin (26/9/2022) di Sidikalang.

Ia mengatakan, lahan ini sangat strategis dan ideal, yang cocok ditanami hortikultura, yang tentunya akan diawali dengan berbagai proses dan pemberian treatment terlebih dahulu.

Iklan

“Ini baru persiapan lahan, nanti dilanjutkan dengan pematangan dengan treatment kesuburan, dan unsur hara tanah baru diendapkan beberapa waktu agar siap tanam, sehingga pada akhirnya kita bisa kita kunjungi bersama,”kata bupati.

Baca Juga  Ijeck Ajak Kadin Berperan Bangkitkan Ekonomi Sumut

Bupati mengatakan, untuk tahap berikutnya Pemkab Dairi akan membuka lahan lain untuk dijadikan pengembangan pertanian terpadu.

“Ini masih tahap awal, warga kita sudah siap untuk ratusan hektar pertanian terpadu berikutnya sebagai komitmen dan dukungan pada rencana besar pemerintah pusat melalui Kabupaten Dairi sebagai pusat hortikultura pertanian terpadu. Semoga Tuhan yang maha esa melimpahkan rahmatnya sehinga kerja-kerja kolaboratif pemerintah kabupaten, desa, kecamatan, perbankan, offtaker dan penyedia sarana prasarana dibawah koordinas dinas pertanian menghasilkan dampak yang besar untuk mensuplai kebutuhan komoditi didaerah sekitar,” kata Eddy Berutu.

Baca Juga  Kondrat Shah, Ketua PP Pakpak Bharat dan Bupati Serahkan Bantuan Bibit Jagung

(pan/prc)

 

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button