Prestasi

BUMDesa Jambur Inovatif

JAMBUR, PELITARAKYAT.com-Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Jambur Indonesia, Kecamatan Siempat Nempu Hilir Kabupaten Dairi menjadi penyedia Internet Service Provider (ISP) untuk beberapa desa di kecamatan mereka. Hal tersebut disampaikan Kades Desa Jambur Indonesia, Beres Silaban didampingi admin ISP mereka, Bungaran P Hutabarat, Senin (10/10/2022) di kantor desa Jambur Indonesia.

Beres Silaban menyampaikan mereka memiliki inisiatif membuat BUMDes mereka lebih ke pelayanan ISP ke desa tetangga, disebabkan daerah mereka masih kesulitan dalam mendapatkan jaringan internet.

“Daerah kita kan masih terbilang jauh dari kota dan susah mendapatkan jaringan internet. Jadi, kita menjalin kerjasama dengan pihak ketiga, jadi kita menjadi penyedia internet bagi beberapa desa di sini,” Ujarnya.

Baca Juga  Terima Penghargaan Kompolnas Awards Tahun 2022, Polres Dairi Komitmen Tingkatkan Pelayanan dan Kepercayaan Masyarakat

Disampaikannya, sejauh ini, yang sudah memakai jasa mereka sebanyak 17 pelanggan, antara lain 5 kantor desa, yaitu kantor Desa Janji, Desa Simungun, Desa Lae Sering, Desa Lae Markelang, dan Desa Lae Luhung, selanjutnya SMP Pardamean, SD Lae Luhung, sisanya adalah rumah warga dari beberapa desa. Dikatakannya, untuk pemakaian instansi dikenakan biaya Rp.800.000,-/bulan, dan pemakaian pribadi/rumah Rp. 150.000,-/bulan.

Iklan

Terpisah, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Dairi, Aryanto Tinambunan, Selasa (11/10/2022) d rruang kerjanya menyampaikan Diskominfo sangat mendukung Desa Jambur Indonesia dalam pengembangan infrastruktur digital khususnya pembangunan jaringan internet dan berkolaborasi dengan desa lain di sekitarnya.

Baca Juga  Ikut Forum Dunia, Bupati Dairi Eddy Berutu Memiliki Tekat Kuat Dalam Memajukan Daerahnya

Aryanto juga berharap semua desa yang ada di Kabupaten Dairi dapat mencontoh dan memanfaatkan BUMDes dalam penyediaan jaringan internet

“Hal yang dilakukan oleh desa Jambur Indonesia sudah sangat bagus dan kita pemerintah pasti sangat mendukung adanya ide/inisiatif yang seperti itu, apalagi seperti arahan Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu bahwa kita semua ini harus mengikuti arus digitalisasi untuk mengikuti perkembangan zaman yang semakin canggih sehingga kita bisa mengejar ketertinggalan dan cita-cita untuk mewujudkan Dairi Unggul dapat tercapai,” Ucapnya.(PR)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button