Penyuluh pertanian

Bupati Eddy Berutu Undang Wakil Menteri Pertanian di Kecamatan Tiga lingga, 8 Desember

DAIRI, pelitarakyat.com- Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi dipastikan hadir di Dairi pada Kamis, 8 Desember 2022. Kehadiran Harvick dalam rangka pencanangan pertanian terpadu khususnya tanaman sorgum dan jagung di Kecamatan Tigalingga.

Kepastian kehadiran Wakil Menteri Pertanian ini disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Dairi Robot Simanullang usai melakukan pertemuan dengan Kementerian Pertanian di Jakarta, Jumat, 2 Desember 2022.

Robot Simanulang Kadis Pertanian Dairi, sengaja diutus Bupati Dairi untuk menindaklanjuti kunjungannya kepada pak Wakil Menteri minggu ke-2 bulan ini untuk mengundang beliau sekaligus melaporkan persiapan pencanangan KPT Jagung dan Sorgum di Dairi

Menurut Robot, pertemuan dengan Kementerian Pertanian ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu dengan Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi pada 15 November 2022 lalu.

Ditemui di sela-sela kegiatannya, Jumat (2/12/2022), Eddy Berutu mengatakan bahwa kunjungan Kepala Dinas Pertanian adalah untuk menindaklanjuti pembicaraan terdahulu antara Bupati Dairi dan Wamentan terkait rencana Kabupaten Dairi menjadi salah satu sentra tanaman sorgum di wilayah Sumatera Utara.

Menurut Bupati, ekosistem Dairi Agri Unggul yang sudah dikerjakan pada kawasan pertanian terpadu di Kecamatan Parbuluan akan diaplikasikan untuk kawasan pertanian terpadu di Kecamatan Tigalingga dengan komoditi jagung dan sorgum sesuai arahan Wamentan.

“Persiapan pencanangan sedang dilakukan oleh tim terpadu yang dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Dairi bersama dinas pertanian ketahanan pangan, dan perikanan, dinas perindagkop dan UMKM, dinas lingkungan hidup serta dinas pekerjaan umum,” kata Eddy Berutu.

Eddy menambahkan sasaran utama ekosistem Agri Unggul dengan kawasan pertanian terpadu Parbuluan dan Tigalingga adalah untuk meningkatkan kemandirian dan kesejahteraan petani.

Sementara itu dari Jakarta, Robot Simanullang mengatakan pertemuannya dengan Wamentan untuk memastikan kehadirannya untuk pencanangan sentra tanaman sorgum di Dairi.

“Dari hasil pertemuan saya dengan Pak Wamentan, Beliau memastikan akan hadir ke Dairi pada tanggal 8 November 2022. Hal ini juga saya sampaikan langsung kepada bapak Bupati,” kata Robot.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button