KeagamaanRohani

Natal Oikumene Pemkab Dairi Penuh Sukacita

DAIRI, pelitarakyat.com- Pemerintah Kabupaten Dairi merayakan Natal oikumene bersama masyarakat, Rabu (28/12/2022) di GOR Sidikalang. Perayaan Natal oikumene tersebut mengambil tema maka “Pulanglah mereka ke negerinya melalui jalan lain (Matius 2:12). Di hadiri langsung oleh Bupati Dairi, Eddy Keleng Ate Berutu, Natal tersebut berlangsung dengan khidmat yang diawali dengan ibadah yang dipimpin oleh para pendeta dari denominasi gereja.

Dalam kotbahnya, Kabid Marturia Moderamen GBKP Pdt Dr Kalvinsius Jawak, M.Si mengatakan, Natal ini kembali mengingatkan bahwa kita harus menjadi berkat, tokoh yang menjadi pemeran utama dan mental yang ingin ditampilkan adalah memiliki karakter seperti orang majus. Orang majus memiliki semangat dan kecerdasan yang luar biasa.

“Yesus adalah juruselamat dunia yang membawa keselamatan universal. Jadilah orang majus masa kini yang mempergunakan akal dan pikiran dengan cerdas. Natal adalah sarat demgan makna solodaritas, kepedulian, rasa empati,” kata Kalvinsius.

Bupati Eddy Berutu dalam sambutannya mengatakan tema Natal Oikumene adalah kebersamaan gotong-royong dan cinta kasih, jangan ada sekat, mari tanamkan harmoni keberagaman. Pemkab Dairi dalam merayakan natal, tetap melaksanakan tugas dan tanggung jawab seperti halnya mengunjungi masyarakat untuk melakukan pelayanan.

“Saya bersyukur kegiatan berjalan dengan baik di beberapa kecamatan. Bagi saya pribadi, saat bertemu dengan warga, ada rasa haru dan juga sukacita. Tekad kita mewujudkan Dairi Unggul harus terlaksana, masyarakat sudah menunggu meskipun banyak tantangan yang akan di hadapi,” ucapnya.

Disaat Covid-19 melanda, Pemkab Dairi tetap berupaya untuk melakukan pembangunan khusuanya di bidang infrastruktur. “Pelebaran jalan dengan dua jalur sudah dibangun di jalan simpang salak, kami masih berupaya agar pembangunan jalan dua jalur tersebut tetap dilanjutkan hingga menuju taman wisata iman,” kata Eddy Berutu.

Bahan pokok makanan juga untuk sektor pertanian sedang diupayakan agar tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu kawasan pertanian terpadu sudah dicanangkan di Dairi, yakni di Parbuluan untuk holtikultura dan Tigalingga untuk tanaman sorgum. Untuk pupuk bersubsidi, pemerintah pusat maupun daerah masih tetap berupaya agar pupuk subsidi dapat terpenuhi kepada para petani.

Berbagai penghargaan telah diraih oleh Pemkab Dairi, terimakasih kepada seluruh jajaran dan Forkopimda untuk mendukung program yang dilakukan oleh pemerintah. “Marilah kita hidup rukun dan bersaudara untuk saling mengasihi. Selamat Natal untuk warga Dairi tercinta. Selamat menyambut tahun baru 1 Januari 2023,” ujar Bupati Dairi.

Sementara itu, Ketua Panitia Natal Oikumene Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Johnny Hutasoit dalam laporannya mengatakan rangkaian kegiatan oikumena dimulai dengan diakonia natal dan penyerahan paket natal sebanyak 900 paket di setiap kecamatan. Juga dirangkai dengan christmas carol, yakni mengunjungi rumah warga untuk menyapa warga dan menyampaikan sukacita natal.

Turut hadir dalam perayaan tersebut Unsur Forkopimda diantaranya Ketua DPRD Dairi Sabam Sibarani dan Wakapolres Dairi. Hadir juga Ketua Tim Penggerak PKK Dairi Ny Romy Mariani Eddy Berutu, Anggota PKK dan Dharma Wanita Dairi.

Perayaan natal oikumene dihibur oleh artis ibukota Style Voice, Osen Hutasoit serta artis dari daerah Ajari Trio.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button