Uncategorized

Kelompok Tani Arif Sampaikan Terima Kasih

DAIRI, pelitarakyat.com- Kelompok Tani Arif Desa Sitinjo menyampaikan terima kasih atas pelatihan budidaya kopi arabika yang dilakukan Pemkab Dairi bekerjasama dengan Hanns R. Neumann Stiftung (HRNS).

Hal ini disampaikan Ketua Kelompok Arif Hotma Sidabutar, Selasa (18/7/2023) di Desa Sitinjo, Kecamatan Sitinjo.

“Saya mewakili Kelompok Tani Arif Desa Sitinjo mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Dairi, khususnya Bupati Dairi Eddy Berutu yang telah menjalin kerja sama dengan HRNS, sehingga kami dapat memperoleh pelatihan yang sangat bermanfaat ini,” ujarnya.

Baca Juga  Resmikan Resort GKPPD Panji Bako, Bupati Dairi Berbaur dengan Jemaat

Disampaikan Hotma, pelatihan yang diberikan menambah pengetahuan mereka tentang pembudidayaan kopi secara benar.

Iklan

“Kami telah dibina bagaimana sebenarnya bertani kopi secara benar. Kami diajari cara pemupukan, pemangkasan, bahkan penyemprotan hama penyakit,” katanya.

Semoga, kata Hotma, ilmu yang telah diajarkan dapat diterapkan sehingga meningkatkan hasil produksi kopi Kelompok Tani Arif.

Hal yang sama juga disampaikan Lina Hutahaean, peserta pelatihan kopi, yang merasa bersyukur atas dilaksanakannya pelatihan tersebut.

Baca Juga  Pastikan Kebutuhan Air Bersih Warga Tercukupi, Eddy Berutu Lakukan Peninjauan

“Melalui pelatihan ini, kami bisa memperoleh ilmu dan juga berkonsultasi tentang permasalahan tanaman yang kami hadapi,” ujar Lina.

Selain itu, kata Lina, pelatihan yang diberikan mengubah mindset (cara pandang) petani dalam membudidayakan kopi.

“Dulu banyak petani yang membudidayakan kopi dengan pola-pola lama, sehingga hasil yang diperoleh pun kurang memuaskan. Melalui pelatihan ini, kami semakin mengetahui cara-cara baru dalam budidaya kopi, yang sesuai dengan kondisi iklim dan lingkungan,” ujarnya.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button