PendidikanPrestasi

Siswa SD Asal Dairi Unjuk Ketrampilan Berhitung Dihadapan Menteri, Kepala Daerah, Bupati Eddy Berutu: Salut dan Bikin Bangga

 

JAKARTA, pelitarakyat.com- Bupati Eddy Keleng Berutu mengaku bangga salah satu siswa SD dari Kabupaten Dairi menampilkan keterampilan metode berhitung Gampang Asik dan Menyenangkan (Gasing) dihadapan para menteri, kepala daerah, dan Forkopimda se-Indonesia pada Rakornas di Sentul International Convention Center, Bogor, Senin (16/1/2023). Rakornas yang bertemakan ‘pertumbuhan ekonomi dan inflasi’ dibuka langsung oleh Presiden Jokowi.

Siswa SD asal Kabupaten Dairi yang dikirim Bupati Eddy Berutu melalui Pemkab Dairi untuk bersama Prof Yohanes Surya, penemu metode Gasing bernama Alena Richelle Pardosi.

Alena merupakan anak kelas 5 SD Santo Yoseph Sidikalang tanggal 2 Oktober 2011 beberapa waktu lalu mengikuti pelatihan metode gasing di Taman Wisata Iman.

“Saya sangat bersemangat dan bangga melihat Alena Richelle Pardosi menunjukkan kebolehannya mempraktekkan keterampilan matematika berhitung cepat di depan para menteri gubernur bupati walikota seluruh indonesia, dan Forkopimda,” kata Bupati Eddy Berutu, Rabu (18/1/2023).

Menurut Bupati Eddy Berutu, Alena Richelle Pardosi salut terlihat mahir menghitung cepat penambahan, perkalian bahkan pangkat dari angka angka beberapa desimal dengan cepat, dapat diselesaikan dengan baik oleh seluruh anak-anak dan membuat kagum peserta Rakornas.

“Saya juga saksikan langsung peserta Rakornas memberikan tepuk tangan meriah untuk Alena Richelle Pardosi dan anak siswa SD lainnya,” ujarnya.

Bupati mengatakan, kemahiran dan semangat Alena Richelle dapat memberikan semangat kepada kawan kawannya pelajar ribuan pelajar SD di Sidikalang untuk giat berlatih metode gasing agar semua anak anak Dairi pintar dan gemar matematika.

Apalagi menurut Bupati Eddy Berutu, di era digital ilmu keterampilan berhitung sangat diperlukan.

“Matematika adalah dasar keterampilan yang dibutuhkan untuk bisa sukses di era digital ini. Saat ini berbagai tuntutan kemajuan zaman yang membutuhkan skill/ intelegensi on thing, robotik intelijen artificial and lock change dan lain lain,” sebutnya.

Menurut Bupati Eddy Berutu, program metode Gasing di Kabupaten Dairi disusunnya bersama dengan Prof Yohannes Surya dan Dinas Pendidikan Dairi.

Program ini menurut Bupati, untuk mewujudkan upaya gemar matematika dikalangan siswa-siswa Dairi dan sudah memulai sejak tahun 2022.

“Dan puji Tuhan inilah hasilnya, Alena berhasil menunjukkan kebolehannya dalam berhitung di depan bapak bapak Presiden, menteri dan Forkompinda di Sentul Internasional Convention Centre, Bogor. Salut,” jelasnya.

Mewujudkan Dairi Cerdas

Bupati menjelaskan, program Gemar berhitung ini, secara perlahan misi mewujudkan Dairi Cerdas yang menjadi misi Kabupaten Dairi dapat terwujud.

“Ini bukti kecil, ‘Gemar Berhitung’ telah berhasil membuat siswa untuk cinta dengan matematika. Siswa menjadi sangat nyaman dan bahagia, senang belajar matematika, sehingga melahirkan siswa yang cerdas. Saya sangat bangga, siswa dairi Dairi berhasil tampil pada acara bergengsi ini,” kata bupati penuh semangat.

Yang tidak kalah membanggakan, menurut Bupati Eddy Berutu, tahun ini Kabupaten Dairi akan menjadi tuan rumah pelaksanaan olimpiade Matematika se-Asia. Hal itu disampaikan langsung oleh Prof. Yohanes Surya dalam kegiatan ini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button