Uncategorized

Bupati Dairi Lantik Pengurus FKUB Dairi

DAIRI, pelitarakyat.com- Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu melantik pengurus baru Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Dairi periode 2023-2028, di Balai Budaya Sidikalang, Kamis (27/4/2023).

Dalam sambutannya, Bupati Eddy Berutu menyampaikan keberadaan FKUB adalah forum untuk menjaga keberagaman bangsa secara khusus di Kabupaten Dairi.

“Forum Kerukunan Umat Beragama adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah dalam rangka membangun, memelihara, dan memberdayakan umat beragama untuk kerukunan dan kesejahteraan. Jadi pemerintah bersama FKUB harus solid menjaga toleransi dalam keberagaman ini,” kata Bupati.

Kepada pengurus yang baru dilantik, Bupati berharap untuk terus bergandengan tangan menjaga kemaslahatan umat terutama di tengah tahun politik saat ini yang bisa saja memberi bahaya bagi kerukunan terutama politik identitas.

Iklan

“Mari, FKUB bersama forkopimda, menjaga kerukunan ini. Karena ini adalah aset bangsa kita. Dukungan penuh dari tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda sangat kita perlukan. Dengan bersatu apapun bisa kita atasi. Selamat dan sukses bagi pengurus baru. Segeralah bekerja, bergandengan tangan membantu pemerintah menjaga kerukunan ini,” katanya mengakhiri.

Baca Juga  Bupati Dairi Puji Aplikasi Sidasa Mobile: Membantu Data Akurat Kondisi Warga di Desa

Sebagai informasi, FKUB adalah forum yang dibentuk oleh masyarakat dan difasilitasi oleh pemerintah yang dibentuk di tingkat provinsi dan kabupaten/kota dengan tujuan memelihara dan mengembangkan kerukunan umat beragama dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Keanggotaan FKUB terdiri atas pemuka-pemuka agama yaitu tokoh komunitas umat beragama baik yang memimpin ormas keagamaan maupun yang tidak memimpin ormas keagamaan yang diakui dan atau dihormati oleh masyarakat setempat sebagai panutan.

Baca Juga  Sabirin Siahaan Buka Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK/SLB)

Terpilih sebagai ketua FKUB Dairi yang baru adalah Pdt. Abednego Padang Batanghari untuk periode 2023-2028.

Pelantikan ini dihadiri Kakan Kemenag Riswan Gajah, Kakan Kemenag Pakpak Bharat, unsur Forkopimda, Kapolres AKBP Wahyudi Rahman, Sekda Budianta Pinem, Asisten Pemerintahan Jhony Hutasoit, beberapa Kepala OPD, Ketua PKK Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, Ketua MUI Wahlin Munthe, serta para tamu undangan.

 

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button