Uncategorized

Bupati Eddy Berutu Apresiasi Layanan Aplikasi RSUD Sidikalang

DAIRI, pelitarakyat.com– RSUD Sidikalang telah membuat suatu aplikasi pendaftaran pasien yaitu aplikasi “RSUD SIDIKALANG” yang kini dapat didownload melalui playstore. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat mendaftar dari rumah dan mendapat no booking antrian untuk berobat ke RSUD Sidikalang.

Demikian disampaikan Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Pesalmen Saragih, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (26/6/2023).

“Pada 16 Juni 2022, Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit (SIMRS) RSUD Sidikalang telah diresmikan Bupati Dairi Dr. Eddy Kelleng Ate Berutu yang diharapkan dapat membantu tata kelola Rumah Sakit. Hingga sekarang, pendaftaran pasien yang hendak berobat dapat dilakukan secara online melalui anjungan mandiri (console box), aplikasi “RSUD SIDIKALANG” yang diinstal melalui playstore atau melalui mobile JKN,” ujarnya.

Baca Juga  Eddy Berutu: Kami Bangga Atas Prestasimu Alvierro Kudadiri

Disampaikan Pesalmen, rumah sakit harus memenuhi persyaratan lokasi, bangunan, prasarana, sumber daya manusia, kefarmasian dan peralatan yang dimuat dalam Undang-Undang No 44 tahun 2009 tentang rumah sakit pasal 7 ayat (1). Pasal tersebut kemudian dijabarkan pada pasal 11 ayat (1) mengenai prasarana rumah sakit, yang dimaksud prasarana pada pasal 7 ayat (1) salah satunya adalah sistem informasi dan komunikasi

Iklan

“Manfaat yang diperoleh dengan menerapkan SIMRS akan mempermudah masyarakat/pasien melakukan pendaftaran pasien rawat inap dan rawat jalan melalui Anjungan Pendaftaran Mandiri (APM) yang bermanfaat untuk mengurangi kepadatan dalam antrian saat pelayanan berlangsung,” katanya.

Baca Juga  Plt.Camat Pagindar Buka Perlombaan MTQ Tingkat Kec.Pagindar

Selain itu, ujar Pesalmen, penerapan SIMRS akan mengintegrasikan semua bagian atau unit secara otomatis sehingga mempercepat ditribusi informasi dan tugas dimana penanganan medis dan non medis di rumah sakit dapat dilakukan dengan cepat.

Lebih lanjut, Pesalmen menyampaikan keuntungan lain penerapan SIMRS yaitu mengetahui ketersediaan kamar, memudahkan proses penganggaran (budgeting), memudahkan penghitungan stok obat, dan memudahkan penyusunan laporan kinerja dan keuangan.

“Hingga saat ini, pelayanan di RSUD Sidikalang masih berproses untuk meningkatkan pelayanan kami menjadi lebih baik, sehingga nantinya pasien dan masyarakat Dairi merasakan layanan yang terbaik dari RSUD Sidikalang,” katanya.

 

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button