Uncategorized

Eddy Berutu: Gerakan Pramuka Adalah Esensi Merdeka Belajar

DAIRI, pelitarakyat.com- Sebanyak 16 Peserta Raimuna Nasional (Rainas) Kontingen Pramuka Cabang Kabupaten Dairi siap dilepas untuk mengikuti Rainas XII di Jakarta.

Pelepasan ini dilakukan
Bupati Dairi selaligus Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT), Senin (7/8/2023).

Dalam arahannya Eddy Berutu menyampaikan harapannya Pramuka harus fokus pada pengembangan kualitas kaum muda.

Dijelaskannya, penerapan program Merdeka Belajar oleh pemerintah sebenarnya esensinya ada pada gerakan pramuka.

Iklan

“Ini sudah betul, program Merdeka Belajar, nafasnya juga ada pada gerakan Pramuka. Dairi sudah memulainya, contohnya saja penerapan metode belajar Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (Gasing), dan tingkat literasi Kabupaten Dairi tertinggi se-Sumatera Utara. Ini semua usaha kita meningkatkan kualitas SDM kaum muda,” ujarnya.

60-70 persen generasi Indonesia saat ini, kata Eddy Berutu, adalah kaum muda. Oleh sebab itu, Bupati menitip pesan, agar sepulang dari sana, kontingen yang berangkat dapat membagi ilmu dan dampak yang baik bagi sekitar terutama sesama kaum muda.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Undang Wakil Menteri Pertanian di Kecamatan Tiga lingga, 8 Desember

“Kami dari pemerintah mendukung, dan memberi ruang yang lebih besar bagi Pramuka melakukan visi misi, sebagai perwujudan dan aktualisasi merdeka belajar. Titipan saya, berangkatlah dan saya harapkan sepulang dari sana anda harus membagi pengalaman ini mengimbaskan karakter berpikir yang baru dan senantiasa menjaga nama baik Kabupaten Dairi,” katanya mengakhiri.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Pramuka Dairi Binuar Malau dalam laporannya menyampaikan kontingen yang akan berangkat berasal dari beberapa sekolah seperti, Madrasah Aliyah Negeri Dairi, Madrasah Aliyah Swasta Sidikalang, SMA Santo Petrus, dan SMAN 1 Sumbul.

“Rencananya pada tanggal 8 Agustus kontingen bersama pimpinan kontingen sebanyak 3 orang akan diberangkatkan dari Belawan menuju Tanjung Priok oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi. Diperkirakan akan tiba di Tanjung Priok pada tanggal 10 agustus 2023.

Baca Juga  Program Pengembangan Pertanian Terpadu di Dairi Terus Dikebut

Sebagai informasi, Raimuna Nasional (Rainas) XII Tahun 2023 akan diselenggarakan pada 14 – 21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka, Cibubur, Jakarta Timur.

Iklan

Sebagai ajang pertemuan Pramuka Pandega usia 16 – 25 Tahun dari seluruh Indonesia.

Dengan menghadirkan 25.000 orang peserta, yang terdiri dari Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega perwakilan dari Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-lndonesia dan Gugus Depan yang berpangkalan di Kedutaan Besar Republik lndonesia serta anggota kepanduan Kawasan Asia Pasifik.

Kegiatan Rainas XII bertujuan untuk menjaga persatuan dan kesatuan, merawat kelestarian budaya, meningkatkan kesadaran teknologi, pengembangan kualitas SDM, serta memaksimalkan kebermanfaatan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam lingkup pengabdian masyarakat.

Pelepasan ini turut dihadiri asisten perekonomian dan pembangunan Swasta Ginting, Kadis Pendidikan J.W Purba, Kasi SMA Cabang Dinas Pendidikan Wilayah IV Zulkarnain Barus, para pengurus Pramuka Kwarcab Kabupaten Dairi, serta para orangtua.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button