Uncategorized

Bupati Eddy Berutu Menikmati Kopi Sidikalang bersama Masyarakat Tupak Raja

DAIRI, pelitarakyat.com– Cuaca terik di Desa Tupak Raja, Kecamatan Gunung Sitember, Rabu (23/8/2023), tepatnya di Jamburta Ras Barisan Mesin tampak puluhan masyarakat yang sedang berkumpul sembari berbincang-bincang antara satu dengan yang lain. Beberapa di antara mereka ada yang datang didampingi orang tua, suami, atau pun istrinya.

Beberapa ibu tampak sibuk mengurus bayinya dan terdengar suara anak-anak yang sedang bermain.

Aktivitas mereka teralihkan ketika orang nomor satu di Dairi, Bupati Eddy Berutu didampingi Ketua PKK Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu tiba di jambur tersebut. Terlihat raut antusias di wajah masyarakat Tumpak Raja yang memang sudah menunggu kedatangan Eddy Berutu bersama rombongan.

“Horas, Njuah-Njuah, Mejuah-juah,” ujar Eddy setibanya di jambur.

Iklan

Eddy langsung memberikan sapaan hangat, menanyakan kabar, dan menyempatkan diri untuk bercanda dengan warga Tupak Raja. Usai menyapa masyarakat yang hadir, Eddy pun duduk bersama dengan beberapa warga dan aparat desa di sebuah meja panjang sambil menikmati secangkir kopi.

Disampaikan Eddy, kopi merupakan warisan nenek moyang yang membawa nama Dairi dikenal hingga ke negara luar. Maka sudah menjadi kewajiban masyarakat Dairi untuk melestarikannya, salah satunya dengan mendiversifikasi kemasannya agar lebih praktis dan menarik perhatian konsumen.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu: Kehadiran Sulang Silima Marga Angkat Harus Jaga Eksistensi Budaya Pakpak

Selesai menikmati kopi bersama warga Tupak Raja, Eddy beserta rombongan pun mengambil tempat, duduk di lantai dan berbaur dengan masyarakat serta menyampaikan tujuan kunjungan tersebut.

“Kami datang untuk praktik baik percepatan penurunan stunting melalui kegiatan bina keluarga balita holistik integratif. Mengapa harus Desa Tupak Raja? Karena angka stuntingnya sangat tinggi, bahkan dari 112 bayi di desa ini terdapat 42 bayi atau sekitar 37.5% yang terkena stunting. Maka kita perlu seia sekata dalam mengatasi permasalahan stunting di Desa Tumpak Raja,” ucapnya.

Usai memberikan sambutan, Eddy pun menyerahkan bantuan kepada keluarga berisiko stunting berupa beras dari Dinas Sosial Kabupaten Dairi dan bibit sayur dari Dinas Pertanian Kpp Dairi (DPKPP) Kabupaten Dairi.

“Bibit sayurnya ditanam di rumah ya Bu, biar hasilnya dapat dikonsumsi bersama keluarga,” ujar Eddy Berutu kepada salah satu penerima bantuan, sembari mengelus kepala bayi yang sedang dipeluk ibunya tersebut.

Iklan

Eddy juga memberikan makanan tambahan untuk balita dari Dinas Kesehatan Kabupaten Dairi, didampingi Romy Mariani dan Kepala Dinas Kesehatan dr. Henry Manik.

Baca Juga  Pemkab Dan Kapolres Dairi himbau Masyarakat Tidak Usah Panik, Stok BBM di Dairi Aman

“Semoga semakin sehat, gizinya cukup dan berimbang ya, Bu. Sama-sama kita pantau tumbuh kembang anak kita agar tetap sehat,” kata Eddy seraya menyerahkan bantuan.

Menjelang makan siang, Eddy kembali membagikan kopi kepada masyarakat untuk diminum bersama.

“Kopi Sidikalang, luar biasa!” ucap Eddy dan warga desa secara serentak.

Dalam pertemuan tersebut, Eddy juga menyempatkan foto bersama dengan ibu-ibu hamil yang sedang mengidam untuk foto bersama Bupati Dairi.

“Semoga anak yang kami kandung bisa menjadi orang besar seperti Pak Eddy,” ujar seorang ibu sambil tertawa.

“Semoga rezeki Pak Eddy bisa menular sama anak-anak kami, minimal jadi kepada desa,” ujar ibu yang lainnya.

Selesai foto bersama, Eddy pun mengunjungi ruang pelayanan KB dan memantau proses pemasangan implan yang dilakukan tenaga kesehatan. Di sana Eddy mengobrol dan memberikan candaan kepada perempuan yang memasang implan agar tidak takut saat disuntik.

Tepat pukul 12.36 WIB, Eddy meninggalkan Jamburta Ras Barisan Mesin untuk bertolak menuju salah satu sekolah dasar yang ada di desa itu. Tampak kepergian Eddy dan rombongan dikerumuni oleh keramaian warga desa.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button