Uncategorized

Pemkab Dairi Gerak Cepat Tangani Banjir Bandang Desa Pamah

DAIRI, pelitarakyat.com- Terkait dengan adanya banjir bandang di Desa Kuta Buluh, dan Dusun Lau Petundal, Dusun Pamah I, Desa Pamah, Kecamatan Tanah Pinem, Kabupaten Dairi, yang terjadi pada Minggu (27/8/2023) sekitar pukul 16.00 WIB lalu.

Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Forkopimcam dan tim Puskesmas Kuta Buluh serta Pemerintahan Desa telah berkunjung ke lokasi kejadian dan melakukan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Dairi serta PUTR Dairi untuk melakukan penanganan segera.

Hal ini disampaikan, Camat Tanah Pinem, Sion Sembiring, saat dikonfirmasi, Senin (28/8/2023). Disampaikannya, atas perintah Bupati Dairi, Eddy Berutu, Forkopimcam langsung gerak cepat turun kelapangan melihat kondisi di lapangan untuk dapat dilaporkan bagaimana penanganannya.

Baca Juga  Kadis Pertanian Dairi, Robot Simanullang Sambut Baik Sensus Pertanian

“Atas perintah Bupati Dairi, kita langsung bergerak cepat ke lokasi. Saat ini kita telah berkordinasi juga dengan pihak BPBD dan PUTR untuk bantuan penanganan bencana serta Dinas Sosial untuk bantuan sosial kepada warga yang terdampak,” Ucapnya.

Iklan

Sion menyampaikan, kejadian bencana alam (Tanah/jalan longsor dan banjir bandang) di desa Kuta Buluh, Dusun Pamah I dan Dusun Lau Petundal Desa Pamah, terjadi karena hujan deras di Kecamatan Tanah Pinem.

Baca Juga  KPU Pakpak Bharat Rapat Kordinasi Daftar Pemilih Berkelanjutan

Sehingga untuk Desa Kuta Buluh, tepatnya di Dusun Lau Belin, terjadi kerusakan gorong-gorong dan Tembok Penahan Tanah (TPT) dengan ukuran panjang 10 meter, lebar 6 meter dan dalam 5 meter, sehingga mengakibatkan jalan tersebut tidak dapat di lalui kendaraan.

Selanjutnya, untuk Dusun Lau Petundal, terjadi banjir bandang yang mengakibatkan 5 rumah warga mengalami kerusakan, yaitu 1 unit rumah milik Penggurun Tarigan. 2 unit rumah Putra Tarigan. 1 unit rumah Tima Ginting dan 1 unit rumah Jonwi Klip Tarigan.

“Di Dusun Pamah I, ada juga yang terdampak yaitu rumah milik Perobahan Sembiring,” Ucapnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button