Uncategorized

Desa Paloh Igeuh Melangkah Menuju Kemandirian dalam Perawatan Kesehatan dengan Kontribusi Kelompok 033 KKN-PPM Universitas Malikussaleh

ACEH UTARA, Pelitarakyat.com- Di tengah semangat untuk memberikan solusi perawatan kesehatan yang berkelanjutan, Desa Paloh Igeuh telah berhasil menorehkan inovasi berarti dengan didirikannya Apotek Hidup di depan Meunasah desa. Apotek Hidup ini merupakan wujud nyata dari komitmen untuk memberikan akses mudah dan terjangkau terhadap tumbuhan obat dan tanaman herbal yang menjadi sumber perawatan kesehatan bagi masyarakat.

Inisiatif pendirian Apotek Hidup ini adalah hasil kolaborasi yang kokoh antara komunitas desa, tokoh-tokoh masyarakat, dan juga dukungan aktif dari pemuda-pemudi lokal yang peduli terhadap kesehatan alami. Bersama-sama, mereka telah mewujudkan peran penting Apotek Hidup dalam membantu masyarakat mengatasi beragam masalah kesehatan dengan menggunakan sumber daya alam yang tersedia di sekitar mereka.

Menyikapi keberadaan Apotek Hidup, Bapak Daud, seorang tokoh masyarakat yang terlibat dalam inisiatif ini, menjelaskan, “Kami berupaya memberikan akses yang mudah bagi masyarakat untuk menangani masalah kesehatan tanpa harus bergantung pada obat-obatan kimia yang mahal. Apotek Hidup ini akan menjadi pusat pengetahuan dan dukungan bagi masyarakat.”

Baca Juga  Pejabat Tinggi Pratama Pemkab Dairi Mengadakan Pelatihan

Pada tahap awal, Apotek Hidup telah dilengkapi dengan koleksi tumbuhan obat dan tanaman herbal yang ditanam secara teliti. Masyarakat desa diberikan pelatihan mengenai identifikasi, pengumpulan, dan pemanfaatan tanaman ini untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, dari yang ringan hingga yang lebih serius. Langkah ini diarahkan untuk mendorong penggunaan alternatif alami dalam perawatan kesehatan.

Iklan

Tidak hanya itu, Kelompok 033 KKN-PPM Desa Paloh Igeuh turut menjadi pilar kesuksesan dari pendirian Apotek Hidup ini. Dengan peran aktif mereka dalam penyusunan program kerja, pendampingan, serta penyuluhan kepada masyarakat, kelompok mahasiswa ini turut mendorong implementasi program ini ke arah yang lebih baik.

Baca Juga  Jadi Irup di SMPN 2 Sidikalang, Bupati Sampaikan Siswa Harus Tekun Belajar

Ibu Minah salah satu warga desa yang antusias dengan kehadiran Apotek Hidup mengungkapkan Saya sangat senang dengan inisiatif ini. Sekarang kita dapat menggunakan tumbuhan di sekitar kita untuk kesehatan keluarga kami dengan lebih baik.

Inisiatif Apotek Hidup di Desa Paloh Igeuh bukan hanya sekadar langkah menuju kemandirian dalam perawatan kesehatan, namun juga merupakan upaya pelestarian pengetahuan lokal mengenai pengobatan alami. Harapannya hal ini akan menjadi contoh bagi desa-desa lain untuk memanfaatkan potensi alam dan merawat kesehatan mereka dengan cara yang berkelanjutan dan alami. ( tim )

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button