Uncategorized

Peduli Akan Jaminan Sosial Para THL dan Perangkat Desa, Bupati Dairi Dapat Apresiasi dari BPJS Ketenagakerjaan

DAIRI, PELITARAKYAT.COM – Apresiasi terus diperoleh oleh Pemerintah Kabupaten Dairi di bawah kepemimpinan Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu. Kali ini apresiasi atas kinerja pemerintahan didapat dari Kepala Kantor Wilayah Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, Hengky Rhosidien.

Dalam pertemuan dalam rangka Kerjasama Pemkab Dairi bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut, yang digelar di Medan, Senin (26/2/2024) ini, Hengky menyampaikan apresiasi atas upaya Pemkab Dairi yang terus mendorong upaya perlindungan sosial bagi tenaga kerja.

“Kami dari BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut menyampaikan terima kasih atas komitmen Bupati Dairi yang telah mendorong penyelenggaraan program jaminan tenaga kerja dan perlindungan sosial bagi Tenaga Harian Lepas (THL) dan perangkat desa,” kata Hengky dalam pertemuan.

“Kita juga mendorong untuk Pemkab Dairi untuk bisa ikut serta dalam ajang Penghargaan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan atau Paritrana Award Tahun 2024. Kita tadi sudah membahas teknisnya. Paritrana Award ini merupakan penghargaan yang diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah, dan perusahaan badan usaha yang memiliki awareness (red:kepedulian tinggi), dan citra positif terhadap program jaminan sosial ketenagakerjaan,” katanya menambahkan.

Iklan

Menanggapi hal tersebut, Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu menyampaikan rasa bangga dan terimakasih kepada BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut yang telah memberi perhatian pada Pemkab Dairi dalam mengatasi persoalan jaminan ketenagakerjaan ini.

Baca Juga  Bupati Dairi Bersama Masyarakat Gelar Pawai Takbiran Sambut Idul Fitri

Bupati Eddy Berutu menyampaikan bahwa apapun yang dilakukan oleh pihaknya selama ini tidak terlepas dari pelaksanaan program pemerintahan sebagaimana yang diemban dalam visi – misi pemerintahannya yakni ‘Untuk Mensejahterakan Masyarakat’ dan salah satu upaya yang telah dilakukan jajarannya adalah bahwa para pekerja rentan harus mendapatkan jaminan sosial ketenagakerjaan.

“Tentu untuk pembiayaan dari APBD tidaklah cukup maka agar target sasaran bisa diperluas dapat dengan membuka alternatif pendanaan menggunakan dana CSR perusahaan disekitarnya atau menggunakan dana Bagi Hasil Sawit saat ini,” ujar Eddy Berutu.

Selanjutnya, Pemkab Dairi yang dipimpinnya kata Eddy Berutu juga akan memberikan Perlindungan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan bagi para petugas Pilkada mengingat masih cukup banyak para petugas Pemilu yang belum mendapatkan perlindungan sedangkan resiko atas pekerjaan yang dilakukan cukup tinggi.

Baca Juga  Sidikalang Ikuti Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut

Tidak hanya itu, jelang Musyawarah Provinsi (Musprov) Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) yang akan digelar di Kabupaten Dairi dalam waktu dekat Bupati Eddy Berutu juga menyampaikan pentingnya perlindungan bagi atlet-atlet olahraga karena termasuk memiliki resiko tinggi.

“Ya, Kita bersyukur pihak BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut siap mendukung kegiatan Musprov tersebut dan berharap kita bisa jadikan forum ini sebagai upaya sosialisasi perluasan jaminan ketenagakerjaan dan hari tua, karena kita bersama pihak BPJS juga mendiskusikan pola perlindungan bagi atlet-atlet Dairi kedepan. Hal tersebut didasarkan karena atlet juga termasuk memiliki resiko kerja tinggi yang perlu untuk dilindungi. Semoga masukan kita ini, nantinya bisa diakomodir demi perlindungan bagi atlet – atlet kita,” ucap Bupati mengakhiri.

Iklan

Turut mendampingi Bupati Dairi pada kegiatan kerjasama itu diantaranya Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Dairi Rahmat Syah Munthe dan Kabag Prokopim, Judith Napitu. Hadir juga Kepala BPJS ketenagakerjaan Medan, Jefri Iswanto dan jajaran BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Sumbagut.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button