Uncategorized

Supervisi di Gunung Sitember, Romy Mariani: PKK Mitra Pemerintah, Harus Berkembang

DAIRI, Pelitarakyat.com- Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Dairi Romy Mariani Eddy Begitu mengatakan PKK harus tetap ada dan berkembang karena menjadi mitra pemerintah.

Hal itu dia sampaikan saat menghadiri supervisi PKK di Kecamatan Gunung Sitember, Rabu, 3 April 2024.

Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu mengatakan selama menjalankan tugas sebagai Ketua PKK Kabupaten, masih banyak yang belum mengerti akan fungsi dan tugas dari PKK. Hal tersebut mengakibatkan berbagai program PKK ada yang tidak berjalan.

Oleh karena itu, pada tahun 2024 ini, Romy Mariani mengatakan, PKK Kabupaten memutuskan untuk tidak mengadakan kegiatan lomba PKK tingkat desa.

Iklan

PKK Dairi, disampaikan Romy Mariani, memiliki rentang kendali sebanyak 6 kali turun untuk melakukan pembinaan ke desa untuk memastikan program PKK berjalan atau tidak.

Program PKK dibentuk agar PKK dapat menjadi mitra pemerintah baik di kabupaten, kecamatan maupun desa. Oleh karena itu, ia mengingatkan hal pertama yang perlu diketahui tentunya adalah mengenai anggaran PKK yang harus dipastikan tersedia agar dapat menjalankan programnya.

Baca Juga  Peran Penting TP PKK Dalam Edukasi Politik

“Salah satu programnya adalah Dasawisma yang bertujuan untuk mengetahui keadaan suatu daerah maupun keadaan warga secara langsung. Misalnya mengetahui data tentang warga yang belum memiliki jamban di rumah, sehingga program pemerintah berjalan dengan tepat sasaran,” ujarnya di hadapan anggota PKK yang hadir di kantor Kecamatan Gunung Sitember.

“Selama 5 tahun menjadi Ketua PKK Kabupaten, banyak pengalaman yang saya dapat. Saya akan mengakhiri masa jabatan sebagai Ketua PKK mengingat bapak Bupati Dairi juga akan mengakhiri masa tugasnya pada 23 April ini. Terima kasih atas seluruh dukungan yang sudah diberikan kepada kami. Kita berharap segala program yang sudah dijalankan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat. PKK harus tetap ada dan berkembang. Kita adalah mitra pemerintah, jadi mari kita dukung setiap program pemerintah,” ujarnya menutup sambutannya.

Baca Juga  Dinas Perindagkop Dairi Berbenah, Memajukan UMKM Dairi

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Gunung Sitember Setyawati Sion Sembiring menuturkan penurunan stunting menjadi salah satu program prioritas di daerahnya mengingat tingginya angka stunting. Untuk mendukung kegiatan tersebut, PKK Kecamatan akan turun langsung bersama puskesmas ke setiap posyandu memastikan penurunan angka stunting berjalan dengan baik.

“PKK kecamatan juga akan bergerak bersama masyarakat untuk menanam tanaman bangun-bangun di setiap pekarangan rumah agar nantinya dapat dikonsumsi oleh warga khususnya kepada ibu hamil. Sebagai Ketua PKK Kecamatan, saya berharap kepada PKK Desa agar dapat bergerak secara solid dan bersama sama dalam menjalankan program PKK,” ucapnya.

Iklan

Turut hadir dalam kegiatan ini Camat Gunung Sitember Sion Sembiring, Ketua Pokja I PKK Dairi Sela Bancin serta Anggota Pokja PKK Dairi. Usai melakukan supervisi, Ketua TP PKK Dairi melakukan panen cabai bersama PKK Kecamatan di pekarangan kantor Kecamatan Gunung Sitember.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button