Peristiwa

Peringatan BMKG: Waspada Hujan Lebat Disertai Angin di Sumut

MEDAN, pelitarakyat.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara (Sumut) yang dapat menyebabkan longsor dan banjir.

Prakirawan BBMKG WIlayah I Medan Utami Al Khairiyah, Selasa (16/4/2024) mengatakan, dalam dua hari ke depan diprakirakan sebagian wilayah Sumut, diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

“Hujan lebat disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Lereng Barat, Pantai Barat, pegunungan dan Lereng Timur Sumut. Kondisi tersebut harus diwaspadai karena dapat menyebabkan banjir, longsor, serta bencana hidrometeorologis lainnya,” katanya.

Baca Juga  Kisah Jujud Sedang Sakit Diceraikan Istri, Minta Bantuan Kaki Palsu

Secara umum cuaca di Sumut dalam dua hari ke depan pada pagi hari rata-rata berawan dan berpeluang hujan ringan di wilayah Nias Utara, Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli, Nias Barat dan sekitarnya.

Iklan

Sementara pada siang dan sore hari juga berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian besar wilayah Sumut. Hujan lebat berpotensi terjadi di Nias Utara, Nias Selatan, Kota Gunung Sitoli, Nias Barat, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Tapanuli Tengah, Sibolga, Karo, Langkat dan sekitarnya.

Baca Juga  Lama Ditunggu Warga, Baru di Jaman Eddy-Jimmy Jalan Sidikalang - Medan Dilebarkan

Pada malam hari berpotensi hujan ringan hingga lebat di wilayah sebagian besar wilayah Sumut. Potensi hujan lebat terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Deli Serdang, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Humbang Hasundutan, Simalungun, P.ematang Siantar, Samosir, Asahan, Tapanuli Tengah, Sibolga,Tapanuli Utara, Toba, Tapanuli Selatan, Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal, dan sekitarnya.

Sementara suhu udara rata-rata 16–33 derajat Celsius dengan kelembapan udara 60–95 persen dan angin berhembus dari timur laut-timur berkecepatan 10 – 30 km/jam.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button