Peristiwa

Bupati Eddy Berutu Menginap di Rumah Warga

GUNUNG SITEMBER, pelitarakyatcom – Ada saja cara tak biasa dilakukan Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu untuk mendekatkan diri kepada rakyat, mendengarkan langsung keluh kesah dan aspirasi warga.

Kamis 23 Juni 2022 lalu, di tengah kesibukan aktivitas kantor, Eddy Berutu menyempatkan menginap di rumah warga di Desa Gunung Sitember, Kecamatan Gunung Sitember.

Bupati Eddy Berutu menginap di rumah warga

Eddy Berutu menginap di rumah Manimpol Ginting.

Iklan
Bupati Eddy Berutu berbincang dengan warga Gunung Sitember

Bupati Eddy Berutu tiba di rumah Manimpol Ginting sekira pukul 22.00 WIB. Sebelum ke rumah Manimpol, Eddy Berutu menggelar ramah tamah dengan warga di Los Gunung Sitember. Ia menyerahkan bantuan alat penanam jagung kepada 7 kelompok tani.

Sesampainya di rumah Manimpol, istrinya Manimpol Basaria menyambutnya dengan gembira. Basaria terlihat membentangkan tikar biasa. “Silahkan duduk pak bupati,” ucap Basaria mempersilahkan.

“Terima kasih inang (ibu), nggak usah repot-repot inang,” jawab bupati.

Bersama warga bupati menanam jagung perdana di Gunung Sitember

Kebetulan, Manimpol sudah mempersiapkan makanan. Ia pun mengajak bupati beserta rombongan untuk menikmati makan malam

Manimpol Ginting dan Basaria pun bergegas menghidangkan makanan sederhana. Ada masakan ayam kampung sederhana dan daun ubi rebus.

“Ini pasti enak inang, masakan kampung,” ujar bupati.

Iklan

“Silahkan dicicipi makanan seadanya. Ada daun ubi rebus,” kata Manimpol.

“Yuk teman-teman kita nikmati, makan malam kita enak ada daun ubi rebus,” kata Eddy Berutu.

Sambil menikmati hidangan yang disungguhkan, Eddy Berutu terlihat berbincang-bincang dengan Manimpol, Basaria dan istri bupati Romy Mariani kebetulan ikut dalam rombongan. Mereka terlihat akrab dan penuh kekeluargaan.

Sekira pukul 23.00 WIB, Eddy Berutu kemudian beristirahat.

Pukul 5.30 WIB, Bupati Eddy Berutu sudah bangun. Ia langsung ke dapur. Kebetulan ibu Basaria sudah bangun. Lalu Basaria memberikan segelas air putih.

Baca Juga  Bupati Dairi: Mari Kita Benahi Data untuk Membangun Dairi

Eddy Berutu pun tampak bercerita dengan rombongannya. Mereka bahas seputar soal perjalanan ke Gunung Sitember.

Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu meninjau lokasi pembangunan SMA Gunung Sitember

Sekira pukul 6.10 WIB, Eddy Berutu lalu cuci muka di depan rumah warga. Ia pun menyempatkan menyapa warga yang kebetulan lewat berada di depan rumah Manimpol Ginting.

Pukul 7.00 WIB Eddy Berutu pun bergerak menuju kedai kopi. Lokasinya tidak jauh dari Los Desa Gunung Sitember. Di kedai kopi Eddy Berutu memesan ‘kopi susu’. “Saya pesan kopi susu nya pak,” kata Eddy Berutu.

Sambil menuggu pesanan, Eddy Berutu berbincang dengan warga di kedai. Perbicangan mereka seputar lahan pertanian jagung, durian, Kredit Usaha Rakyat (KUR), pembangunan SMA di Gunung Sitember dan bincang seputar pembangunan desa.

Soal SMA, memang sudah lama dinantikan masyarakat. Masyarakat pun menyambut baik soal rencana tersebut.

Eddy Berutu lalu menceritakan soal KUR yang saat ini digencarkan oleh Pemerintah Daerah. Program KUR dianggap mampu membantu masyarakat. KUR yang diberikan kepada masyarakat bunga yang murah dan tanpa agunan. KUR sangat cocok untuk petani.

“Ini kopi susunya pak,” kata pemilik kedai.

“Terima kasih, aku cobain dulu iya,” kata Bupati Eddy Berutu.

Eddy Berutu kembali melanjutkan pembicaraan soal pembangunan lain di Gunung Sitember.

Lalu, usai berdiskusi bupati dan warga sarapan bersama di kedai.

Usai berdiskusi dengan warga, Eddy Berutu bergerak menuju rumah Manimpol Ginting. Di jalan ia diminta warga untuk berswafoto.

Di rumah Manimpol, Eddy Berutu lalu mandi. Ia kemudian berganti pakaian.

Baca Juga  Kadis Pertanian Pakpak Bharat, Jabendeus Banjarnahor Mundur, Ini Penggantinya!
Ketua TP PKK Dairi Romy Mariani menyerahkan sembako kepada seorang wanita penyandang disabilitas

Tak ada bedanya dengan masyarakat biasa, Eddy Berutu pun tidak ada mendapat perlakukan lebih dari ajudan atau teman rombongannya. Ia mengemasi pakaiannya.

Lalu sekira pukul 09.00 WIB Eddy Berutu pun pamit kepada Manimpol dan Basaria untuk melanjutkan aktivitas lain.

“Menginap di rumah warga sudah berulang kali saya laksanakan. Saya pun pernah menginap di Alur Subur. Bagi saya kegiatan seperti ini sangat penting sekali. Saya bisa menyerap aspirasi masyarakat. Dengan menginap di rumah warga tentu ada tambahan informasi kita dapat,” kata Eddy Berutu.

Eddy Berutu mengatakan, dengan tambahan aspirasi itu setidaknya dijadikan untuk mengeluarkan program yang lebih tepat sasaran kepada masyarakat.

“Kan lebih bagus dengar langsung. Saya langsung bertatap muka. Kesempatan ini, saya masyarakat bebas menyampaikan pendapatnya langsung,” katanya.

Istri Manimpol Ginting, Basaria menyambut gembira seorang bupati menginap di rumahnya. Basaria pun merasa kaget dan menyaksikan langsung Eddy Berutu tidak ada mendapat perlakukan khusus dari rombongan. Demikian juga makanan, Eddy Berutu bahkan lebih suka makanan sederhana seperti daun ubi rebus.

“Saya kaget sekali, bupati tidak ada perlakuan lebih. Dia makan apa saya hidangkan. Pokoknya saya senang sekali,” ucap Basaria.

Eddy Berutu menyempatkan mengunjungi Joi Jeremi seorang penyandang disabilitas di Kecamatan Gunung Sitember

Basaria pun mendoakan agar bupati dan keluarga sehat-sehat. “Sehat-sehat pak bupati dalam menjalankan aktivitasnya, kami sangat senang bupati berkenan di rumah kami. Ini kehormatan bagi keluarga saya,” ucapnya.

Usai berpamitan, Eddy Berutu pun bergerak ke kantor camat Gunung Sitember. Ia dijadwalkan bertemu dengan seluruh pegawai kantor camat. Lalu, Eddy Berutu menanam jagung bersama kelompok tani dan PPL. Lokasinya tak jauh dari kantor camat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button