7 Kali Pakpak Bharat Raih Penghargaan Kabupaten Peduli HAM

Medan, Pelitarakyat| Untuk yang ke tujuh kalinya sejak tahun 2013, Kabupaten Pakpak Bharat menorehkan prestasi dengan meraih penghargaan Kabupaten Peduli HAM.

Penghargaan tersebut diterima oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Pakpak Bharat, Sahat Banurea, S.Sos, M.Si dari Dirjen Hak Azasi Manusia, Kementerian Hukum dan Hak Azasi Manusia (Kemenkumham) RI Dr Mualimin Abdi di Gedung Merdeka, Kota Bandung, Selasa (10/12/2019) pada acara Peringatan Hari HAM Se-Dunia ke-71.

Sekda yang didampingi Kabag Bagian Hukum Romian Sitopu dengan wajah berseri mengutarakan, penghargaan ini menjadi kado indah di akhir tahun bagi Kabupaten Pakpak Bharat. “Ini menjadi bukti wujud komitmen Kabupaten Pakpak Bharat memberikan jaminan Hak Azasi Manusia kepada masyarakat," ucap Sahat.

Sementara, Pj Bupati Pakpak Bharat Asren Nasution memberikan apresiasinya atas raihan penghargaan ini. “Syukur alhamdulillah, Kabupaten Pakpak Bharat masih bisa mempertahankan predikat ini, dan menjadi bukti bahwa perlindungan HAM sudah semakin maju,"ungkapnya.

Ia menambahkan bahwa Pemkab Pakpak Bharat akan terus bekerja keras demi terciptanya pelayanan publik dan terus bekerja yang lebih baik lagi.

Sebanyak 272 Kabupaten/Kota dari 22 Provinsi meraih penghargaan ini. Menkumham, Yasona Laoly menyatakan bahwa dasar pertimbangan pemberian penghargaan ini sesuai amanah konstitusi yang menempatkan perlindungan dan pemenuhan HAM adalah tanggung jawab negara. “Capaian hak dasar ini melalui inovasi dan upaya menjadi tolok ukur kelayakan tempat atau kota untuk mendapatkan penghargaan," ujarnya.

Penulis:

Baca Juga