Daerah

Pj Bupati Surung Charles Bantjin Serahkan Bansos untuk 69 Penyandang Disabilitas di Dairi

DAIRI, pelitarakyat.com- Penjabat (Pj) Bupati, Surung Charles Bantjin menyerahkan Bantuan Sosial (Bansos) kepada 69 orang penyandang disabilitas di Dairi.

Penyerahan Bantuan sosial dari Kementerian Sosial Republik Indonesia melalui UPT Sentra Insaf Medan ini digelar di Kantor Dinas Sosial Kabupaten Dairi, Rabu (12/6/2024).

Pj Bupati Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin dalam sambutannya menyampaikan bantuan hari ini merupakan bentuk dan wujud atensi dan perhatian pemerintah pada warga penyandang disabilitas di Kabupaten Dairi.

“Bantuan ini adalah bentuk perhatian pemerintah, semoga bisa menjadi satu bagian terkeciil untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan penanggulangan kemiskinan di Indonesia, khususnya di Dairi,” ucap Charles Bantjin.

Iklan

Selanjutnya disampaikan Surung Charles, pemerintah juga akan memikirkan pemberdayaan bagi warga penyandang disabilitas.

“Kami berharap kepada saudara-saudara kami penyandang disabilitas untuk tetap semangat dalam menjalani hidup, bangun percaya diri untuk tetap bekerja keras dan berinovasi dalam segala bidang yang ditekuni masing-masing. Karena yakinlah, setiap kita pasti memiliki kelebihan masing-masing,” katanya.

Baca Juga  Tinjau Pembangunan Jalan Kuta Buluh – Lau Perimbon, Bupati Dairi: Semoga Masyarakat Terbantu

Surung Charles juga menyampaikan terima kasih kepada menteri sosial da seluruh jajarannya, termasuk UPT Sentra Insaf Medan atas atensi yang diberikan kepada masyarakat Kabupaten Dairi.

Sebelumnya, Ketua Pokja Wilayah Kerja Dairi Lery Simatupang menyampaikan pemberian bantuan kepada penyandang disabilitas telah melalui assesment yang dilakukan secara door to door, dientri ke aplikasi dan kemudian disortir sesuai kriteria dan ketentuan yang ada.

“Jadi bapak ibu, saya mewakili Kementerian Sosial akan menyalurkan bantuan dengan berbagai teknis, seperti berita acara penyerahan dan juga pernyataan pertanggungjawaban mutlak. Misalnya pemberian kursi roda yang sudah SNI, kursi ini dipakai oleh pengguna yang menerima. Jangan dijual, dikasih pinjam, atau bahkan tidak dipakai. Kepada tim untuk tetap memantau kemanfaatan bantuan yang diberikan. Kalau sudah diberikan dengan baik hendaknya pergunakan dengan benar,” pesan Lery.

Baca Juga  Mendorong Perangkat Daerah Aktif Menuju Dairi yang Inovatif

Sebagai informasi, 16 orang penyandang disabilitas akan menerima modal usaha dalam bentuk barang yang diperuntukkan untuk usaha bengkel, sepeda motor, usaha jahit, warung kelontong, warung makan, usaha pangkas, dan peternakan.

Iklan

Sebanyak 21 orang disabilitas lainnya akan menerima kursi roda, 2 orang menerima tongkat elektrik, 2 orang menerima tongkat ketiak, dan 1 orang akan menerima tripot.

Selain itu, sebanyak 27 penyandang disabilitas juga akan menerima paket sembako yang berisi 10 kilogram beras, 4 liter minyak goreng, gula merah, sarden, kecap, abon, garam, energen, madu, biskuit, serta goodie bag.

Turut hadir dalam pertemuan tersebut Pj Sekda Kabupaten Dairi Jonny Hutasoit, Ka Dinas Sosial Kab. Dairi Agel Siregar, Kepala Diskominfo Dairi Anggara Sinurat, Kepala BKPSDM Juni Hardi Siregar, para camat, kepala desa terkait serta undangan lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Check Also
Close
Back to top button