PolitikUncategorized

Peran Pemuda Pakpak dan Eksistensi Budaya

JUMA TEGUH, pelitarakyat.com- Pada acara pelantikan pengurus DPC PPI (Pemuda Pakpak Indonesia) Kecamatan Siempat Nempu, Desa Juma Teguh, Kab. Dairi terlihat penyambutan masyarakat dan pengurus bersemangat menyambut kedatangan Pembina DPP PPI Bapak Dr. Eddy Kelleng Ate Berutu. Minggu (30/06/2024).

Disambut dengan tarian Suku Pakpak yang di prakarsai oleh PPI Kabupaten Dairi. Rombongan mendampingi bapak Eddy Berutu yaitu Ketua LKP Aslim Padang, Ketua DPD PPI Dairi Saut Berutu, Tokoh Masyarakat Dairi Ruslan Berutu. Organisasi yang hadir ada Pengurus PKN Dairi, Pengurus Pasundan Dairi.

Berjalan acara dengan baik diawali Laporan Panitia Pelantikan Insan Banurea mengatakan sangat berterimakasih atas kehadiran Pembina DPP PPI Bapak Dr. Eddy Kelleng ate Berutu.

Kami sangat bersemangat dan berbangga hati karena dengan kesibukan beliau, tapi sempatkan juga hadir dan memberikan waktu dan penyemangat kepada kami.

Iklan

“Momen ini sangat berharga kepada Panitia dan pengurus PPI Dairi, terkhusus bagi Pengurus Kecamatan Siempat Nempu,” ucap Insan Banurea.

Kita sebagai pemuda Pakpak, terus berjuang dan berusaha untuk menjadi sebagai pemuda yang bisa merangkul semua organisasi yang ada di kabupaten Dairi. Pemuda-pemuda Pakpak bisa mendukung jika ada pemimpin suku Pakpak yang mau berjuang dan membesarkan budaya Pakpak menjadi pemimpin di Kabupaten Dairi.

Lembaga kebudayaan Pakpak suatu pengalaman yang sangatlah berharga bagi saya, pengalaman saya yang mengahkodai sebagai ketua.

Aslim Padang Ketua LKP (Lembaga Kebudayaan Pakpak) memberikan sambutan mengatakan bahwa pemuda PPI terus mengembangkan budaya Pakpak, peran Pemuda PPI sangat diharapkan demi kemajuan Suku Pakpak.

“Kehadiran masyarakat disini, kita lihat, tetapi jadilah PPI yang menjadi panutan, menjadi pelindung, apalagi Ketua yang dilantik pengurus DPC PPI Kecamatan Siempat Nempu adalah Ardi Padang yang juga sebagai ketua sulang silima marga Padang di Desa Juma Teguh, Kuta Siban-ban Enda, “ujar Aslim Padang.

Kami berharap kepada masyarakat sekitarnya , jadi kita disini tidak alergi terhadap suku lain, kami berharap sinergitas antar ras dan Suku kami harapkan tetap berjalan dengan baik.

Iklan

Kita ini sudah menjadi satu rumpun semua, saling berkula-kula dalam hal ini kami sebagai tokoh masyarakat Pakpak berharap sangat, junjung saling Toleransi dan jalin kerjasama dengan tokoh masyarakat yang ada di sini,” kata Aslim Padang.

Baca Juga  Lagi-lagi, Sat Reskrim Polres Dairi Ringkus Pelaku Tindak Pidana Perjudian Jenis Togel

Saut Berutu mengucapkan selamat datang kepada Abang Eddy Berutu atas kehadirannya dan apapun yang diinginkan semoga tercapai bang,” kata Saut Berutu

Kepada seluruh rekan juang yang ada di pengurus PPI yang mau dilantik tetap pertahankan budaya Pakpak, kita nanti tetap kordinasi dengan Suku yang lainnya.

“PPI tetaplah semangat, acara ini sangat luar biasa, pengurus DPC PPI Kecamatan Siempat Nempu, saya ucapkan banyak terima kasih kepada panitia, dan juga rekan juang yang ikut kerja keras menyukseskan acara kita ini berjalan dengan baik dan sukses,” Ujar Saut Berutu.

Sambutan Pembina DPP PPI

Dr. Eddy Kelleng ate Berutu Beberapa hal yang perlu saya sampaikan keberagaman budaya itu adalah kebanggaan bangsa, kita perlu ketahui kepada seluruh saudaraku semua. Salah satu unsur keberagaman pada saat kita merebut kemerdekaan suku-suku yang ada seluruh Indonesia berperan penting untuk kemerdekaan Indonesia.

“Juga masyarakat adat, memberikan kekuatan kepada pemimpin pemimpin kita, oleh karena itu suku dan adat istiadat budaya poros kekuatan kita,”ucap Eddy Berutu.

Jadi identitas kita, banyak negara di dunia ini melihat kebersamaan kita begitu kuat. Dan menjadi pemersatu bangsa Indonesia.

“Menjadi pesan oleh saya kepada kita semua Pemuda Pakpak Indonesia (PPI) bersama -sama kepada Pemuda yang ada di Dairi memberikan kontribusi bagi Indonesia ini terkhusus terhadap Kabupaten Dairi tercinta ini ke arah yang lebih baik,” Pintanya.

Kita akan terus lanjutkan pembangunan Dairi Unggul Jilid2 bersama peran pemuda dan seluruh pemerhati, untuk kemajuan Dairi Unggul yang terus kita genjot.

Mungkin kedepannya makin banyak tantangan, kecerdasan robot nantinya melebihi kecerdasan manusia. Bagaimana mana kita bersikap?

Ini akan menjadi seleksi, kaum-kaum mana yang bisa memimpin, tentu memiliki akal budaya dan prinsip-prinsip kuat.

“Saya merasa sangat senang berada disini, terlebih lagi saya diberi tanggung jawab sebagai pembina di organisasi PPI ini. Yang dimana saya sebagai identitas Suku Pakpak dan kita bisa berperan aktif dalam pengembangan budaya etnis Pakpak,”ujarnya.

Baca Juga  AHY Konferensi Pers Tentang Respon Pemerintah

Pemudalah yang sangat berperan sangat penting dalam bonus demografi menjadi pemimpin, saya mungkin bisa menjadi pemimpin mungkin satu periode lagi memimpin.

Maka generasi muda inilah yang menggantikan saya Nantinya, Maka pemuda persiapkan dirilah mulai sekarang, perkuat mental yang kuat, supaya bisa bersaing dengan daerah lain.

PPI harus memacu pengetahuannya, Skillnya, kita harus melaju kencang, wawasan harus siap, itu pesan dari saya. Membangun itu tidak bisa Lima tahun, Desa aja tidak cukup lima tahun, maka udah di perpanjang menjadi delapan tahun.

Pembangunan tidak sesederhana yang kita pikirkan, butuh waktu dan proses yang berjenjang. Kita perlu membangun mindset.

“Saya bekerja dengan efektif cuman dua setengah tahun, dikarenakan di landa Covid-19. Baru tiga bulan saya dilantik, baru tiba-tiba Covid-19 datang. Sehingga tidak bisa efektif bekerja, perintah bapak Presiden, Mentri, Gubernur, Walikota/ Bupati dan kepala Desa menjaga kesehatan dan keselamatan umat manusia itulah paling utama. Perintah presiden kepada kami kepada seluruh pemimpin Daerah,” kata EkaB.

Kedatangan Presiden Jokowi Dodo ke Kabupaten Dairi, kedatangan Mentri, kedatangan Gubernur saya bermohon kepada beliau, supaya melihat kabupaten Dairi, karena APBD kabupaten Dairi sangat kecil dan wilayah Dairi lumayan luas, ngak cukup membangun Jalan keseluruhan.

Maka dari situ, sewaktu saya menjabat menjadi bupati dairi, saya terus melobi ke pusat dan provinsi agar memberikan dana ke kabupaten Dairi.

Mereka sudah lihat Kabupaten Dairi, Pak Presiden Jokowi Dodo, Pak Menteri Luhut Binsar Panjaitan, Pak Menteri Sandi Salahudin Uno, Wakil menteri Pertanian pun juga sudah hadir ke Dairi.

Melihat langsung keadaan kampung kita ini, saya sampaikan kepada beliau supaya memberikan Pos anggaran dari Pusat ke kabupaten Dairi, dari hasil kerjasama dan kerja keras saya selalu menjumpai ke Jakarta.

Saya bawa progam yang cocok untuk kabupaten Dairi, saya terangkan saya jelaskan kepada mereka. Bahwasanya Dairi itu cocok untuk Lahan pertanian, hasilnya yang sudah kita raih seperti KPT Parbuluan, Gedung Perpustakaan, Plut UMKM, Dermaga Silalahi, Jalan Hotmix, Pabrik Kopi mini Barung-barung.(Damay Berutu)

Pengurus DPC PPI Kecamatan Siempat Nempu yang dilantik:

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button