Bupati dan Kejari Dairi Kerjasama Pengamanan Aset Daerah

Sidikalang, Pelitarakyat| Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu beserta Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki, SH menandatangani perjanjian kerjasama dalam upaya penyelamatan dan pemulihan aset yang dilaksanakan di Kejaksaan Negeri Dairi, Senin (13/1/2020).

Dalam Penandatanganan tersebut turut dihadiri oleh Wakil Bupati Dairi Jimmy A.L Sihombing, SH, jajaran Kejaksaan Negeri Dairi serta Inspektorat dan Badan Keuangan dan Aset Daerah.

Kajari Dairi Syahrul Juaksha Subuki, SH, MM usai menandatangani surat perjanjian kerjasama mengatakan sangat mengapresiasi penandatanganan perjanjian kerjasama, karena perjanjian ini merupakan respon cepat guna penyelamatan dan pemulihan aset pemerintah daerah baik dalam bentuk benda bergerak maupun tidak bergerak.

“Ini merupakan suatu inovasi baru yang disampaikan oleh Kejaksaan Tinggi guna mencegah terjadinya tindakan manipulasi dalam pemanfaatan kekayaan negara,“ ujar Kajari Dairi.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan, Pemerintah Kabupaten Dairi sangat konsisten terhadap apa yang telah dilakukan sebagai suatu motivasi yang kuat bagi Pemerintah Kabupaten Dairi bersama Kejaksaan untuk mengembalikan kekayaan negara yang sering disalahgunakan oleh pihak ketiga.

“Bagaimana caranya seluruh kekayaan negara yang merupakan aset Pemerintah Kabupaten dapat kembali dengan secara optimal sehingga dapat dipergunakan untuk kesejahteraan masyarakat. Berbagai usaha yang telah dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi dalam pengembalian aset sering mengalami tantangan di lapangan, sehingga Pemerintah Kabupaten Dairi mengharapkan bantuan dari kejaksaan dalam penanganan kasus pengembalian aset daerah tersebut,” ujar Bupati.

Bupati Dairi mengatakan di dalam era perubahan ini sering kali seorang kepala daerah dihadapkan kepada tantangan. Dalam perkembangan birokrasi saat ini beliau katakan telah mengalami perubahan yang sangat cepat, sehingga perlu adanya bantuan pengawalan dalam menjalankan roda pemerintahan.

“Berbagai perubahan, inovasi yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Dairi diharapkan dapat dilakukan dengan cepat. Segala cara, inovasi dan perubahan yang dilakukan tersebut dikawal dengan ketat sehingga tujuan mulia untuk mensejahterakan masyarakat dapat terwujud, “tegasnya.

Bupati Dairi sangat mendukung pengawalan yang dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Dairi akan kinerja yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi, khususnya dalam rangka penggunaan anggaran. Bupati Dairi berharap perjanjian kerjasama ini segera ditindaklanjuti sehingga Pemerintah Kabupaten Dairi memperoleh hasil yang memuaskan guna mewujudkan kesejahteraan warga Dairi.

Penulis: pelitarakyat
Editor: pelitarakyat
Photographer: Istimewa

Baca Juga