271 Kute Di Aceh Tenggara Akan Melakukan Pemilihan

Rencana 271 Kute Di Aceh Tenggara Akan Melakukan Pemilihan

ACEH TENGGARA, Pelitarakyat - Sebanyak Dari 385 Kute (Desa) meliputi 16 kecamatan yang ada di dalam Kabupaten Aceh Tenggara (Agara), sebanyak 271 kute diantaranya Akan melakukan pesta Demokrasi Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak yang dijadwalkan tanggal 3 Juli 2021 ini.

271 Kute menggelar pesta Demokrasi Pilkades yang berstatus pengulu Pj (Pejabat sementara), Pengganti Antar Waktu (PAW) dan yang telah berakhir masa jabatannya sebagaimana yang diamanahkan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2019 tentang Desa.

Demikian Kepala Bagian (Kabag) Tapem Setdakab Agara, Firman Desky, S.STP, MAP menjelaskan kepada Pelitarakyat.com, Senin (25/1) sore, saat dikonfirmasi terkait hal tersebut.

Dikatakan, pelaksanaan Pilkades serentak 3 Juli 2021 itupun pihaknya masih menunggu surat keputusan dari Bupati Aceh Tenggara. “Karena surat dari Mendagri sudah kita balas pada minggu yang lalu untuk menyampaikan data nama-nama desa yang ikut Pilkades serentak,” sebutnya.

“Kita masih menunggu, tindak lanjut dari Mendagri akan disampaikan tersurat melalui Gubernur Aceh, pada prinsipnya mereka minta data kabupaten sebagai surat izin pelaksanaan Pilkades tersebut dilaksanakan tetap mematuhi Prokes Covid-19 nantinya,” sebut Kabag Tapem itu.

Pilkades dapat diikuiti oleh semua warga Kabupaten Agara yang memiliki persyaratan yang cukup sesuai dengan aturan yang termuat dalam Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang tata cara pemberhentian geuchik dan Qanun Aceh Tenggara Nomor 22 Tahun 2010 tentang kute (Desa).

“Tentunya bisa mendaftar sebagai bakal calon kepala Desa, dasar hukum ini sedang disiapkan bersama legislatif, Insya Allah mungkin bulan Maret 2021 ini sudah tuntas Qanun Aceh Tenggara tentang pelaksanaan Pilkades serentak,” tutup Kabag Tapem ini.

Penulis: Sugito Siagian
Editor: Pelitarakyat.com
Photographer: Tem Pelitarakyat.com

Baca Juga