Peristiwa

Cegah Penularan Covid 19, Polda Sumut akan Tegur Konvoi Malam Takbiran Keliling

MEDAN, pelitarakyat.com – Polda Sumut dan jajaran akan melakukan patroli untuk memberikan imbauan dan teguran agar tidak ada konvoi takbiran keliling.

“Yang jelas itu imbauan (larangan) dari Kemenag, sudah selayaknya kita patuhi secara bersama-sama. Kita membuat mekanisme yang mungkin bisa membuat tegas aturan itu. Dengan kita patroli, imbauan secara langsung di lapangan dan peneguran jika ada konvoi,” ujar Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Hadi Wahyudi, Rabu (21/4/2021).

Baca Juga  Eddy Berutu Ajak Gereja Untuk Membangun Kabupaten Dairi

Kata dia, pihaknya juga sedang menyiapkan mekanisme aturan tegas bagi warga yang tetap melakukan takbiran keliling. Kepolisian lebih fokus pada langkah persuasif, berupa imbauan dan patroli.

“Kalau untuk tilang, kita secara persuasif lah (dulu),” tandasnya.

Iklan

Seperti diketahui, secara khusus Menteri Agama H Yaqut Cholil Qaumas menekankan takbiran keliling dilarang saat Lebaran nanti.

Baca Juga  Jalan Provinsi Banyak Rusak di Kabupaten/Kota, Edy: Saya Tau Kabupaten juga Tak Punya Dana, Ayo Kerjasama

“Terkait dengan malam takbir Idul Fitri, nanti kita tahu takbiran jika dilakukan berkeliling berpotensi menimbulkan kerumunan dan artinya membuka peluang penularan Covid-19. Oleh karena itu, kami juga memberikan pembatasan terhadap takbir. Takbir keliling tidak diperkenankan,” katanya, Senin (19/4/2021).

Kendati demikian, Yaqut tetap memperbolehkan takbiran di dalam masjid maupun musala dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, yaitu kapasitas maksimum 50 persen.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button