Peristiwa

Smart City Expo 2023, Eddy Berutu Paparkan Potensi Pertanian, Pariwisata, dan Peluang Investasi Energi di Dairi

JAKARTA, pelitarakyat.com – Bupati Dairi Eddy Berutu mengambil momen penting dalam acara, Indonesia China Smart City Expo 2023 di Jakarta, Kamis (25/5/2023).

Di depan investor, pengusaha asal China, dan kepala daerah, Eddy Berutu memaparkan berbagai program unggulan dan peluang investasi di Kabupaten Dairi.

Selain itu, Eddy Berutu juga menyampaikan beberapa potensi wisata yang ada di Kabupaten Dairi yang sangat cocok dikembangkan oleh para investor.

Di Kabupaten Dairi banyak produk unggulan yang bisa dikembangkan. Salah satunya adalah komoditi kopi. Satu kopi robusta dan arabika. Dua-dua jenis kopi ini, terkenal dari Dairi, banyak starbuck ambil kopi dari Sidikalang,”kata Eddy Berutu.

Iklan

Eddy Berutu mengatakan, untuk investasi kopi sangat terbuka. “Mau di perkebunan juga okey, mau ekspor juga okey, untuk diproses bisa. Kita very open,”kata Eddy Berutu.

Baca Juga  Sekda Buka Rakor Persiapan Dan Kesiapan Kabupaten Pakpak Bharat Dalam Pelaksanaan Pilkada Tahun 2020

Masih di bidang pertanian, Eddy Berutu juga memaparkan soal Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) yang sudah dikembangkan di Dairi.

Lalu di sektor UMKM. Eddy Berutu juga menjelaskan soal ulos tenun Silalahi yang dikembangkan. Pemerintah Kabupaten Dairi tetap konsisten memperkenalkan ulos ke berbagai event, mulai dari pameran dan fashion show di Belgia, Program Beli Kreatif Danau Toba sebagai turunan dari Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) yang telah di Launching Presiden RI pada tahun 2020, mengikuti Pameran Inacraft 2022 di Jakarta, menggunakan ulos dalam acara resmi dan dalam kegiatan lainnya.

Baca Juga  Eddy Berutu: Terima Kasih Bantuan Semua Pihak Membantu Pemulangan Jenazah

Tak kalah penting, dari sektor pariwisata atau tourism. Menurutnya, Tao Silalahi yang terletak di Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi merupakan bagian dari Program Destinasi Pariwisata Super
Prioritas (DPSP) Indonesia menjadi bagian Geopark Kaldera Toba.

Selain itu, Taman Wisata Iman. Taman ini juga menjadi peluang investasi. Selain itu Danau Sicike-cike. Danau Sicike-cike pusat wisata penelitian.

“Lalu ada sektor pertambangan dan energi. Kabupaten Dairi merupakan daerah yang memiliki banyak aliran sungai sebagai salah satu potensi energi terbarukan. Masih banyak potensi lain di Kabupaten Dairi,”kata Eddy Berutu.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button