Peristiwa

Angka Covid-19 di Dairi Tinggi, 6 Kecamatan Ini Harus Gencarkan Operasi Yustisi Prokes

SIDIKALANG, pelitarakyatcom – Bupati Dairi Dr Eddy Berutu dengan tegas meminta camat dan kepala desa untuk melakukan operasi yustisi di 6 kecamatan karena angka Covid-19 tinggi. 6 Kecamatan yang dimaksud bupati, Kecamatan Sidikalang, Sumbul, Gunung Sitember, Silima Pungga Pungga, Sitinjo dan Pegagan Hilir.

Menurut data dinas kesehatan menurut bupati, jumlah Covid 19 jumlahnya cukup banyak. “Tolong bapak camat, kepala desa, lurah dan kepala puskesmas terus gencarkan operasi yustisi. Jumlah positif Covid 19 di wilayah teman-teman cukup tinggi itu,” kata Bupati Dairi Dr Eddy Berutu pada saat rapat, Kamis (24/2/2022).

“Saya mengundang bapak ibu camat dan kepala puskesmas membahas tentang penanganan Covid-19 di wilayah masing-masing. Ini adalah merupakan rapat lanjutan dari tanggal 22 Februari 2022 lalu bersama pak kapolres dan dandim agar tim gabungan gencar melaksanakan operasi yustisi,” katanya.

“Untuk saya berharap pihak camat, puskesmas dan pemerintah desa, segera melaksanakannya. Kita harus fokus ke sana dulu. Lakukan terus himbauan kepada masyarakat terus mematuhi prokes. Kemudian saya meminta Pemdes untuk mengingatkan para kepala desa untuk membuat tempat isolasi mandiri,” ujarnya.

Iklan

Ketua DPD Golkar Dairi itu mengatakan, pemerintah tidak bisa santai menghapinya. Seperti disampaikan pemerintah pusat Omicron ini penularannya sangat cepat.

Baca Juga  Hari Pers Nasional 2022: PWI Dukung Agenda Green dan Mitigasi Iklim

“Maka kita semua bekerja sama-sama. Jangan sampai nanti lonjakan ini mengganggu proses pemulihan ekonomi. Itulah makanya teman-teman saya undang untuk mengembalikan situasi ini agar aman dan landai sehingga ekonomi sosial budaya di tengah masyarakat bisa cepat stabil,” katanya.

Ia menambahkan, penanganan Covid -19 di Dairi adalah mikro, maka penanganan efektifnya diserahkan ke tingkat desa, keluarahan dan tingkat kecamatan.

“Kepemimpinan bapak ibu camat dan kepala desa dan satgas desa sangatlah dibutuhkan. Yakinlah tidak ada satu orang pun yang kebal dengan Covid 19 ini semua harus dilakukan sama-sama,” katanya.

Baca Juga  Tinjau Uji Coba PTM, Bupati Dairi Minta Pihak Sekolah Jalankan Prokes Betul-betul

Pemerintah pun tidak bisa sendirian melakukannya. Oleh karena itu semua pihak harus bekerjasa mengatasi situasi ini. Maka lakukanlah tugas sesungguhnya, cepat, cermat dan terukur. “Maka dibutuhkan tingkat kinerja semua pihak, mulai dari kabupaten, kecamatan, keluarahan, desa dan aparat penegak hukum,” tukasnya.

Perlu diketahui, dalam rapat tersebut berdasarkan dana dinas kesehatan, jumlah positif Covid 19 di Dairi per tanggal 23 Februari yang update pada 24 Februari 2022 sebanyak 367 orang dengan kontak erat 773 orang.

Iklan

Jumlah positif yang paling banyak di Sidikalang 177 orang, Sitinjo 23 orang, Sumbul 42 orang, Silima Pungga 41 orang, Pegagan Hilir 19 orang dan Gunung Sitember 13 orang. Sisasanya tersebar di kecamatan lain.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button