Politik

Tokoh Ir Tumpu Soal Pendemo PT DPM: Ayo Kita Pikirkan Kepentingan Banyak, Bukan Kelompok

SIDIKALANG, pelitarakyat.com – Dukungan terhadap PT Dairi Prima Mineral (DPM) untuk beroperasi terus mengalir. Perusaan yang bergerak di bidang tambang yang bergerak di Kecamatan Silima Pungga-punga Dairi harus didukung keberadaanya. Sebab jika perusahaan tersebut didukung masyarakat banyak diuntungkan.

“Saya kira keberadaan PT DPM itu harus didukung. Perusahaan raksasa tersebut jangan ributi sebab banyak kepentingan masyarakat luas di dalamnya. Dan perlu diingat kepentingan negara ada pada perusahaan tersebut,” kata tokoh masyarakat Dairi Ir Tumpu Capah, MSi baru-baru ini di Sidikalang dalam suana lebaran bersama bupati Dairi di kediamannya, Sidikalang.

Mantan kepala dinas Peternakan di Langkat itu pun menilai aksi-aksi penolakan soal keberadaan PT DPM yang dituntut kepada bupati Dairi yakni untuk menutupnya adalah sikap yang kurang baik. Sebab kata dia, aksi tersebut adalah sebagai kepentingan oknum tertentu dan bukan keinginan oleh masyarakat luas.

“Saya kira tuntutan mereka menutup perusahaan tersebut adalah tidak baik. Mainan ini jangan kepentingan pribadi. Harus dilihat secara keseluruhan. Banyak untungnya kepada masyarakat jika perusahaan tersebut segera beroperasi,” kata Tumpu.

Tumpu juga mengatakan, saat ini tugas masyarakat adalah mengawasi dan meminta kepada perusahaan agar membuat perusahaan tersebut nyaman. Kemudian masyarakat setempat bisa mendapat untung atas kehadiran perusahaan tersebut.

Dan perlu dijelaskan, perusahaan tersebut bukanlah kepentingan segelintir orang namun kepentingan masyarakat Dairi.

Untuk itu, Tumpu menegaskan persoalan ini harus diambil hikmannya.

Sebagai bentuk dukungan terhadap PT DPM tokoh masyarakat sepakat akan berkumpul untuk membuat program yang berpihak kepada kepentingan masyarakat luas.

Tak hanya itu, soal DPM tersebut adalah kewenangan dari pusat. Jadi kata dia, persoalan DPM jangan selalu menyalahkan bupati. Tapi kata dia salahkan pemerintahan sebelumnya yang memberikan izin.

Soal pernyataan Tumpu, bupati Dairi Dr Eddy Berutu mengatakan jangan saling menyalahkan. “Kita perlu selalu mengambil sikap reflektif. Saling menyalahkan sikap yang kurang baik. Apa yang kurang kita lakukan kemarin haruslah diperbaiki sehingga hari ini bisa lebih baik dari hari kemarin,” ucapnya.

Pertemuan Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Berutu bersama tokoh masyarakat Ir Tumpu Capah, MSi, dr Reinfil Capah dan Ketua MUI Wahlin Munthe, SH cukup sederhana. Bupati Dairi duduk bersama tokoh di tikar sederhana.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button