Ekonomi

Asi Matanari: Bukalah Usaha di Daerah dan Ajak Investor Investasi ke Dairi

SIDIKALANG, pelitarakyat.com – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Dairi Asi Matanari mengajak masyarakat luar, pengusaha dan investor berinvestasi di Kabupaten Dairi.

Asi mengatakan, jika pengusaha dan investor berinvestasi di Dairi sudah tentu membuka lapangan kerja dan meningkatkan perekonomian. Ia mengatakan, banyak usaha yang menjanjikan di Dairi termasuk usaha pertanian dan pertambangan.

“Simpel saja berlaku untuk semua kita, saya sebagai pengusaha, masyarakat, buruh siapapun dia bukalah usaha di daerah ini. Kalau bisa undang investor asing ke sini, ya pastilah membawa banyak-banyak tenaga kerja, membawa teknologi pasti membawa kemajuan untuk Dairi ini. Mari kita gaungkan dan mari kita cari relasi agar investasi itu masuk ke Dairi,” kata Kepala BPS Dairi Asi Matanari kepada wartawan, Minggu (23/7/2021).

Baca Juga  Melestarikan Warisan Budaya Tenun Ulos Silalahi Sambil Berusaha

Asi mengatakan, sektor pertanian dan pertambangan di Dairi juga cocok.

Iklan

“Kalau misalnya ada suatu kegiatan tambang seperti konsep tadi berapa produksinya kalikan dengan harganya. Kalau belum ada produksi, berarti outputnya nol. Maka, nilai tambah atau PDRB-nya disektor pertambangan nol. Tapi mungkin dia sudah ada membangun konstruksi, ketika perusahaan bangun kontruksi bangunan maka nilai bangunan itu ada. Katakan miliar, kurangi dengan semennya, berapa pasirnya, berapa catnya tinggal Rp200 juta. Itulah disebut dengan nilai tambah tapi dimasukkan sektor lain ke konstruksi meski itu, katakan perusahaan tambang melakukannya”

Baca Juga  Bertolak ke Nias, Presiden Joko Widodo akan Tinjau Sejumlah Infrastruktur dan Bagikan Bansos

“Jadi yang diharapkan daerah itu adalah peningkatan di kegiatan-kegiatan yang lebih produktif, katakan lah di industri pertambangan pasti dia membuat multi efek yang tinggi pasti itu, nanti industri akan terbuka, perdangan akan terbuka restoran akan terbuka. Itu pasti akan membuat perekonomian Dairi akan semakin bagus dan semakin baik,” tukasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button