Peristiwa

Tekan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir

MEDAN, pelitarakyatcom – Hingga Juli 2021 angka kematian ibu di Sumatera Utara (Sumut) mencapai 119 kasus dan angka kematian bayi baru lahir 299 kasus. Karena itu, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut terus melaksanakan berbagai program atau kegiatan penurunan angka kematian ibu dan bayi.
Antara lain menjalin kerja sama dengan seperti USAID atau Lembaga Badan Pembangunan Internasional Amerika Serikat dalam Program MOMENTUM. Yaitu program untuk meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan bagi ibu dan bayi yang baru lahir, sehingga kematian ibu dan bayi baru lahir dapat dicegah. Di Sumut, Program MOMENTUM dilaksanakan di Kabupaten Deliserdang, Asahan, Langkat dan Karo.

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi mengapresiasi program tersebut dilaksanakan di wilayah Sumut. Menurutnya sinergi dari berbagai pihak diperlukan, terutama untuk meningkatkan kualitas kesehatan.

Baca Juga  Berbagai Bantuan Terus Disalurkan Dinas Sosial Dairi Ke Penyandang Disabilitas

“Inilah kerja sama kita, sinergi harus terus dilakukan, saya juga mengajak seluruh pihak terkait untuk bersama-sama kita mewujudkan kualitas kesehatan yang baik, demi masyarakat kita di Sumut,” kata Gubernur Edy Rahmayadi saat peluncuran Program MOMENTUM di Sumut, di Hotel Aryaduta, Jalan Kapten Maulana Lubis, Medan, Rabu (29/9).

Gubernur optimis, ke depan bidang kesehatan di Indonesia khususnya Sumut, akan terus semakin membaik. Pemprov Sumut juga memiliki sasaran jangka menengah pelayanan perangkat daerah yang diharapkan tercapai pada tahun 2023. Di antaranya umur harapan hidup menjadi 70,0 tahun, angka kematian ibu menjadi 64,3 per 100.000 kelahiran hidup, angka kematian bayi menjadi 3,7 per 1.000 kelahiran hidup.

Baca Juga  Satgas Kecamatan Sidikalang Lakukan Patroli PPKM

Wakil Direktur USAID Indonesia William Slater menyampaikan, USAID sebelumnya telah banyak melaksanakan kerja sama dengan Pemprov Sumut. Dalam program MOMENTUM, USAID akan melakukan investasi yang diperlukan untuk meningkatkan akses terhadap pelayanan esensial bagi ibu dan bayi baru lahir di fasilitas kesehatan.

Iklan

“Kami berharap dapat bekerja sama lebih erat dengan pemerintah dan sektor swasta di Sumatera Utara dalam memajukan tujuan Sumatera Utara untuk menyelamatkan lebih banyak jiwa ibu dan bayi baru lahir,” kata William Slater, secara virtual.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button