Peristiwa

Cepat Pemkab Dairi Serahkan LKPD, Bupati Dr Eddy Berutu Diapresiasi BPK

MEDAN, pelitarakyatcom – Pemerintah Kabupaten Dairi bekerja maksimal dan mengawali tahun anggaran (TA) 2022 ini dengan tertib adiministrasi. Mengawali tahun 2022 ini, Pemkab Dairi di bawah komando Bupati Dr Eddy Keleng Ate Berutu lebih cepat menyerah Laporaan Keuagan Pemerintah Daerah (LKPD) Unaudities Tahun anggaran 2021.

Hal ini diketahui saat Eddy Berutu besama sekretaris Daerah dan BKAD Dairi menyerahkan langsung LKPD Pemda Dairi ke Badan Pemeriksa Kuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara, Jumat (4/3/2022) sore.

“Puji Tuhan, tahun ini kami lebih cepat menyerahkan LKPD. Ada 27 hari lagi sebelum jatuh tempo, kami sudah serahkan laporan,” kata Eddy Berutu kepada Kepala BPK Sumut Eydu Panjaitan.

Eddy Berutu mengatakan, hal ini dilakukan sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi untuk memperbaiki laporan keuangan yang tertib adiminstrasi yang akan terus dilakukan meski tidak mudah.

Iklan

“Ini adalah salah satu komitmen Pemda Dairi. Saya meminta perangkat daerah untuk segera menyiapkan keuangan untuk diserahkan ke BPK Sumut sebelum jatuh tempo atau laporan keuangan daerah disampaikan paling lambat 3 bulan setelah tahun anggaran berakhir,” katanya.

Baca Juga  Silaturahmi KPU Kabupaten Pakpak Bharat Dengan Pj Bupati

Eddy Burutu menambahkan ada beberapa komponen yang diserahkan kepada BPK diantaranya; laporan realiasi anggaran pendapatan dan belanjar daerah, laporan perubahan saldo anggaran lain, neraca, laporan operasional, laporan arus kas, laporan perubahan ekuitas, cacatan atas laporan keuangan, surat pernyataan tanggung jawab, laporan keuangan BUMD dan BLUD RSUD Sidikalang dan hasil reviu inspektorat.

“Dalam laporan sudah kami sertakan pak Eydu, perlu sampaikan semua bekerja dengan maksimal dan mengedepankan sistem, semoga Pemkab Dairi bisa meraih WTP untuk yang ke 8 kalinya,” ujarnya.

Sementara Kepal BPK Sumut Eydu Oktain Panjaitan mengapresiasi sistem Pemkab Dairi yang lebih cepat menyerahkan LKPD ke BPK Sumut.

Menurut Eydu, dengan cepatnya laporan ini BPK Sumut menilai Pemkab Dairi berkomitmen untuk mendukung kinerja BPK.

“Kami sangat mengapresiasi gerak cepat Pemda Dairi. Ini kan ada 27 hari lebih cepat dari batas penyerahan laporan,” katanya.

Iklan

Eydu juga berharap mengikuti kabupaten kota yang sudah lebih awal menyerahkan laporan. “Saya berhaharap segera menyerahkan laporan. Jangan tunggu jelang jatuh tempo baru diserahkan laporan,” katanya.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Menginap di Rumah Warga

Eydu pun berharap LKPD Dairi ini segera ditindaklanjuti. “Terima kasih atas upayanya, kami senang dan ini perlu diapresi,” ucap Eydu.

Dalam penyerahakn laporan keuangan daerah itu turut hadir Kepala Subauditorat Sumut III, bapak Syafruddin Lubis, pengendali teknis Riana. Sementara dari Pemda Dairi Sekretaris Daerah Budianta Pinem, Kepala BKAD Sitopu.

Saat penyerahan, Kepala BPK Perwakilan Sumut Aydu Oktain Panjaitan mengaku senang atas upaya Pemkab Dairi yang menyerahkan LKPD jauh sebelum jadwal tiba. Kepada saya bapak Eydu komitmen pemerintah sangat diapresiasi.

Atas apresiasi bapak Eydu, saya menyampaikan terima kasih. LKPD ini cepat diserahkan sebagai upaya saya bersama jajaran agar sistem laporan baik ke depan. Ini adalah upaya saya mewujudkan Dairi Unggul. Saya juga berharap agar Dairi kembali meraih laporan hasil keuangan WTP.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button