Peristiwa

Bupati Eddy Berutu Hadiri Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia

Bali – Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu menghadiri aksi afirmasi Bangga Buatan Indonesia (BBI) di Nusa Nusa Dua Bali, Jumat 25 Maret 2022.

Dalam acara itu, Presiden RI Joko Widodo memberikan pengarahan mengenai gerakan BBI. Aksi afirmasi BBI merupakan komitmen pemerintah menjadikan produk lokal sebagai tuan rumah di negeri sendiri.

Hal itu sejalan dengan arahan Joko Widodo yang meminta seluruh daerah mengalokasikan anggaran sebesar 40 persen untuk belanja produk lokal.

Presiden bercerita tentang ketidakpastian yang sedang menghantui dunia yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan kini akibat perang Ukraina-Soviet.

Iklan

Presiden meminta persoalan ini harus dituntaskan secara bersama-sama.

Baca Juga  Temui Bupati Eddy Berutu di Kualanamu, Edy Rahmayadi Sampaikan Duka Cita untuk Rod

“Yang paling praktis bagi kita, APBN/APBD harus bisa mentriger pertumbuhan ekonomi nasional,” kata Presiden.

Menanggapi kegiatan tersebut, Bupati Dairi Dr Eddy Keleng Ate Berutu sepakat persoalan tersebut diselesaikan secara bersama-sama salah satunya adalah komitmen membeli dan mengkonsumsi produk kita sendiri.

“Operasionalnya, bapak presiden, meminta kami semua bersama Kementerian dan Lembaga untuk mulai tahun anggaran 2022 ini membelanjakan APBD sebanyak-banyaknya ke produk dalam negeri melalui e-katalog LKPP. Jangan lagi belanja produk import,” kata Eddy Berutu.

Eddy Berutu mengatakan, kalau 40 persen saja dari belanja rutin Ini bisa kita belikan produk lokal maka kita sudah bisa mentriger pertambahan pertumbuhan ekonomi kita sampai 2 persen dan menciptakan lapangan kerja hingga 2 juta.

Baca Juga  Bupati Eddy Berutu Buka Puasa Bersama dan Beri Tali Asih ke Warga Sidikalang

“Produk lokal misalnya alkes, tempat tidur untuk rumah sakit, sepatu, seragam, alsintan, pensil, kertas, ballpoint, buku tulis sudah bisa diproduksi dan dibeli produk dalam negeri. Jangan diteruskan lagi, gemar membeli dari luar,” katanya.

Iklan

Ia menambahkan, komitmen ini harus sudah bisa kita lakukan sebelum bulan Mei 2022.

“Komitmen cinta dan produk dalam negeri dari kita semua diperlukan,” katanya.

“Dalam pertemuan business matching 2 hari terlahir ini di Bali tim Barjas, Perindag dan Keuangan Pemkab Dairi dibantu tim Menperin sudah menyumbang komitmen 150 milliar untuk belanja lokal dari APBD Dairi di tahun 2022 ini,” tukasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button