Peristiwa

Bupati Eddy Berutu: Perlu Sinergitas untuk Mengawasi Orang Asing

Untuk meningkatkan pengawasan masuknya orang asing ke Kabupaten Dairi, Kantor Imigrasi TPI Pematang Siantar bersama Pemkab Dairi dan Pakpak Bharat melakukan Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) di Hotel Mutiara, Dairi, Kamis (27/10/2022).

Bupati Dairi Dr Eddy Berutu, dalam sambutannya yang diwakili Sekretaris Daerah Budianta Pinem mengatakan sangat mendukung terselenggaranya Timpora.

Menurutnya, Rakor Timpora sebagai salah satu wujud dan keinginan bersama untuk meningkatkan kerjasama dalam hal tukar menukar informasi dan bersinergi antar sesama instansi dalam pengawasan orang asing di wilayah Kabupaten Dairi dan Pakpak Bharat.

Baca Juga  Jangan Ragu Merealisasikan Anggaran Asal Tepat

“Rapat ini sebagai langkah awal untuk dapat meningkatkan kwalitas sumber daya manusia yang membidangi intelijen dalam pengawasan orang asing demi keamanan dan kondusifitas wilayah demikian penegakan kedaulatan,” kata Budianta.

Iklan

Menurut Budianta, pemerintah memang menyadari keberadaan tenaga kerja asing memberikan manfaat bagi masyarakat dan perkembangan perekonomian nasional hingga daerah namun perlu dipantau agar keberadaannya sesuai dengan tujuan dan sasaran untuk menjamin keamanan dan memberikan perlindungan tenaga kerja asing di daerah.

“Pemantauan tenaga kerja asing juga merupakan tugas, fungsi dan tanggung jawab pemerintah daerah baik dalam lingkup pemerintah provinsi, kabupaten maupun kota,” katanya.

Baca Juga  Kades Sibongkaras Darmianto Berutu Bergotong-royong Bersama Rakyatnya

Bupati berharap kata Budianta, dengan diadakannya rakor Timpora ini dapat meningkatkan sinergitas antar sesama instansi secara khusus yang tergabung dalam keanggotaan Timpora.

“Ke depan ayo kita bertukar informasi apabila ada orang asing yang berada atau tinggal dan melintas di Kabupaten Dairi,” tandasnya.

Sebagai informasi, hadir dalam Timpora tersebut Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham, Ignatius Purwanto, Kepala Kantor Imigrasi Kelas II TPI Pematang Siantar, Mulyadi, Sekretaris Daerah Pakpak Bharat, Jalan Berutu, Forkopimda Dairi dan Pakpak Bharat.

(jam/prc)

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button