Peristiwa

Bupati Eddy Berutu Cek Persiapan Penanaman Sorgum Di Lau Mil

PELITARAKYAT.COM – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Republik Indonesia, Harvick Hasnul Qolbi dijadwalkan akan berkunjung ke Desa Lau Mil pada Jumat 9 Desember 2022. Kunjungan Wamentan dalam rangka pencanangan pertanian terpadu tanaman sorgum dan jagung di Kecamatan Tigalingga.

Menyambut kedatangan Wamentan, Bupati Dairi Eddy Keleng Berutu melakukan sejumlah persiapan termasuk mengecek lokasi penanaman sorgum dan panen jagung, Rabu (7/12/2022).

Dalam cek lapangan ini Bupati menjelaskan 1,5 hingga 2 hektar lahan ini akan dijadikan sebagai demonstration plot untuk sorgum.

Menurutnya, kehadirannya bersama asisten perekonomian dan pembangunan, JW Purba serta Kadis Pertanian, Robot Simanullang ini ingin melihat situasinya dan memastikan semua sudah siap, mulai dari petani, lahan dan kesiapan infrastruktur pendukung lainnya.

“Lahan sudah digemburkan, siap diolah karena ini adalah bekas lahan untuk tanaman jagung sebelumnya. Kita bersama masyarakat sudah bersepakat akan jadikan lokasi ini menjadi lahan ujicoba demonstrasi tanaman sorgum,” katanya.

Bupati menjelaskan, selama ini kita memang belum terbiasa menanam komoditi sorgum ini, kita lakukan ini untuk diversifikasi pangan.

“Sorgum ini komoditi penting yang sangat kaya, dan bermanfaat juga untuk bahan industri,” ujarnya.

Pemilihan lokasi ini menurut Bupati dikarenakan karena dari segi Agroklimat dan ketinggian Kecamatan Tigalingga, Tanah Pinem, dan Gunung Sitember memang cocok untuk sorgum.

“Sekarang, tinggal adaptasi petani saja. Nanti kita akan sediakan offtaker untuk pembelian pasca panen. Kita akan dorong agar Kabupaten Dairi bisa jadi pusat sorgum di Sumatera. Lahan kita masih banyak bila diperlukan untuk pengembangan sorgum,” ujar Bupati penuh semangat.

Diakhir wawancara Bupati meminta doa dari masyarakat pencanangan dan penanaman bersama dengan Wamentan, dan bersama Forkopimda Sumut berjalan baik dan lancar dan hasilnya sukses.

Sebagai informasi, kegiatan pencanangan penanaman sorgum ini akan dirangkai dengan panen jagung bersama.

Turut serta dalam cek kesiapan lahan ini, Kadis Perhubungan, Parulian Sihombing, Camat Tigalingga dan Camat Gunung Sitember, PPL serta beberapa petani.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button