Uncategorized

Dinas Perindagkop Dairi Berbenah, Memajukan UMKM Dairi

DAIRI, pelitarakyat.com- Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (PLUT-KUMKM) Kabupaten Dairi yang berada di Taman Rekreasi (Tamrek) Sidikalang, akan mulai beroperasi Tahun ini. Hal tersebut disampaikan Kadis Perindagkop dan UKM Kabupaten Dairi, Iwan Taruna Berutu Melalui Kabid Koperasi dan Usaha Mikro, Kartini Deliana Padang, Rabu (25/1/2023) diruang kerjanya.

Disampaikannya, saat ini PLUT-KUMKM Dairi masih dalam tahap pembahasan karena PLUT ini akan dijadikan UPT sehingga para pelaku UMKM secara khusus akan menjadikan PLUT ini sebagai wadah inkubasi.

“Sesuai dengan Perpres mengatakan bahwa PLUT ini memang harus UPT, jadi sesuai dengan perintah Bupati Dairi, Dr Eddy Keleng Ate Berutu bahwa kita Kabupaten Dairi harus gerak cepat untuk mewujudkan ini, untuk itu saat ini kita sedang bahas Perbup nya juga,” Ujarnya.

Baca Juga  Ketua TP PKK Kab Dairi Romy Mariani Hadiri Pelepasan Anak PAUD se-Kecamatan Tanah Pinem

Ditambahkannya, Tempat ini akan menjadi wadah bagi pelaku UMKM untuk bertukar pikiran, mencari solusi dan akan langsung didampingi oleh 5 konsultan yang sudah disiapkan terkait itu, sehingga permasalahan yang dihadapi para pelaku UMKM dapat diatasi.

Iklan

“Nantikan ada 5 Konsultan yaitu konsultan SDM, Kelembagaan, Pemasaran, Pembiayaan dan Produksi, sehingga pelaku yang membutuhkan bimbingan, biaya dll bisa langsung berkordinasi dengan para konsultan, dan konsultan kita ini juga sudah melakukan study banding ke Malang, dimana pada saat di Malang mereka mendapatkan pembekalan tentang pengelolaan PLUT sesuai dengan bidang masing-masing,” Tuturnya.

Baca Juga  Serruuu... Turnamen Bola Volley, Polsek Penanggalan Vs Wartawan Subulussalam, Menyambut HUT Bhayangkara ke-76

Dikatakan Deliana, Pemerintah Kabupaten Dairi semaksimal mungkin akan berusaha untuk memajukan UMKM yang ada di Kabupaten Dairi sehingga perekonomian masyarakat akan bisa terdorong. Hal ini juga salah satu wujud untuk mewujudkan perubahan menuju Dairi unggul

“Kita lakukan gerak cepat dan mensiasati bagaimana UMKM kita dapat berjalan dan PLUT ini adalah salah satunya. Supaya Dairi tidak ketinggalan kita gerak cepat, tapi semua kan butuh proses. Seperti saat ini kita sedang bahas dan menunggu dibuatkan Perbup. Mudah-mudahan semua yang sedang kita laksanakan ini dapat berjalan sesuai yang sudah direncanakan,” Katanya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button