Uncategorized

Bupati Eddy Berutu Bagikan Pupuk Hayati Cair Kepada Masyarakat Parbuluan

DAIRI, PELITARAKYAT.COM – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu melakukan kunjungan kerja ke Dusun II Sibira, Desa Parbuluan VI, Kecamatan Parbuluan, Kamis (1/2/2024). Pada kesempatan tersebut, Eddy Berutu membagikan Pupuk Hayati Cair (PHC) atau liquid bio fertilizer kepada 18 kelompok tani atau sekitar 360 petani.

“Pemberian pupuk ini dilakukan untuk mengatasi permasalahan pertanian seperti akar lobak pada tanaman kol, layu karena bakteri pada tanaman hortikuktura, serta layu karena jamur pada tanaman hortikuktura,” katanya.

Baca Juga  HUT ke-76 Dairi, Bupati Eddy: Momentum untuk Terus Bergerak

Selain melindungi tanaman hortikultura, kata Eddy Berutu, PHC juga menguntungkan tanaman kopi.

“Keuntungannya berupa perlindungan dari penyakit tular tanah dan juga pembentukan microbiome yang membantu tanaman kopi untuk mendapatkan nutrisi (makanan) yang tersedia dalam tanah,” katanya.

Iklan

Eddy juga menjelaskan, program-program yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Dairi merupakan langkah nyata untuk mewujudkan visi Dairi Unggul dan Agri Unggul.

Baca Juga  Wabub Pakpak Bharat Bangga Gerakan Sumut Mengajar Mengabdi di Daerahnya

“Segala upaya tentu kita lakukan, mulai pembentukan kawasan pertanian terpadu (KPT), penyediaan sarana dan prasarana, bermitra dengan perbankan dalam fasilitasi KUR, termasuk pemberian PHC yang kita lakukan hari ini,” ucapnya.

Disampaikan Eddy, penggunaan pupuk hayati juga dapat mendukung pertanian organik guna menciptakan lingkungan yang lebih sehat dan berkualitas.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button