Uncategorized

Dairi Unggul di Ajang Balap Dunia F1 PowerBoat Lake Toba

BALIGE, pelitarakyat.com – Pemerintah Kabupaten Dairi dengan motto “Dairi Unggul” mengambil peranan yang cukup besar dalam ajang balap perahu boat terbesar di dunia F1H20 atau F1 PowerBoat Lake Toba yang berlangsung di Balige, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, 24-26 Februari 2023.
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan dalam kegiatan F1H20 ini Pemkab Dairi hadir melalui booth atau stand pameran di 3 tempat utama lomba. Tiga tempat tersebut yakni venue utama, VVIP di mana Presiden Jokowi, para menteri, dan undangan penting lainnya akan berada di situ, dan satu lagi di media center, tempat para wartawan mancanegara dan nasional hadir.
Eddy Berutu mengatakan stand pameran Pemkab Dairi diisi produk UMKM dari 12 UMKM dengan 27 produk. Produk tersebut antara lain Kopi Kapsul Sidikalang, kopi Sidikalang, sandal tenun dari Silalahi dengan merek Aur, turunan dari tenun Silalahi, dan makanan ringan khas Dairi.
Menurut Bupati, Pemkab Dairi selalu menggenjot produk UMKM dengan memperkenalkan lebih luas ke banyak daerah dan ke dunia internasional. “Itu sebabnya, kami selalu membawa produk-produk UMKM Dairi ikut dalam berbagai pameran, termasuk tingkat dunia seperti ajang F1H20 ini agar produk Dairi semakin dikenal di dunia,” kata Eddy.
Yang lebih spektakuler, meski bukan tuan rumah secara langsung, namun Pemkab Dairi justru dipercaya panitia menjadi tuan rumah jamuan makan malam atau gala dinner untuk seluruh pembalap F1H20 atau F1 PowerBoat Lake Toba. Jamuan makan malam bertajuk “Dairi’s Cultural Nigth Dinner” akan digelar di Toba Ballroom Labersa Hotel, Kabupaten Toba, Sabtu, 25 Februari 2023 mulai pukul 18.00 WIB.
Acara ini juga akan dihadiri beberapa pengusaha papan atas dari Indonesia dan luar negeri. Karena selain gala dinner, acara ini juga dirangkai dengan business matching atau pertemuan bisnis. Diharapkan para pengusaha tersebut tertarik berinvestasi di Kabupaten Dairi.
Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu mengatakan ditunjuknya Pemerintah Kabupaten Dairi menjamu para pembalap F1H20 merupakan kesempatan yang langka dan berharga.
Bupati mengatakan kesempatan menjadi tuan rumah gala dinner untuk seluruh pembalap F1H20 yang berasal dari berbagai negara akan menjadi ajang untuk semakin mempopulerkan Dairi ke seluruh dunia.
Sebagai Bupati, kata Eddy Berutu, dirinya berusaha keras agar motto “Dairi Unggul” benar-benar bisa terwujud dan bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakatnya. Menurutnya, membuat Dairi Unggul bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya memperkenalkan Dairi lebih luas lagi.
Ia mengatakan kehadiran Pemkab Dairi dalam ajang F1 PowerBoat Lake Toba ini bukan untuk gagah-gagahan tapi lebih pada semangat dan keinginan untuk lebih memperkenalkan semua potensi yang dimiliki Dairi ke seluruh Indonesia dan dunia.
“Selama ini Dairi masih kurang dikenal karena itu kita terus memperkenalkan Dairi ke seluruh Indonesia dan dunia. Memperkenalkan potensi yang dimiliki Dairi, memperkenalkan UMKM, potensi pertanian, dan potensi wisata,” kata Eddy Berutu.
Dengan semakin dikenal, kata Bupati, maka peluang mendapatkan investasi dan kunjungan dari luar Dairi akan semakin besar.
Dia membandingkan bagaimana juga Presiden Jokowi berusaha memperkenalkan Indonesia lebih luas di kancah internasional dan ujung-ujungnya adalah menarik investor. “Bagaimana Presiden Jokowi membawa G20 dibawa ke Bali, MotoGP dibawa ke Mandalika, dan sekarang F1 PowerBoat dibawa ke Danau Toba, apakah itu hanya untuk gagah-gagahan? Tentu tidak. Jokowi punya rencana yang luar biasa bagaimana agar Indonesia semakin dikenal dan disegani di dunia internasional,” ujar Eddy Berutu.
Dia berharap agar kehadiran Pemkab Dairi di ajang F1H20 ini bisa dinilai positif, bukan sekadar gagah-gagahan atau menghamburkan uang. “Kita tidak pernah berpikir ke situ, tapi yang selalu saya pikirkan bagaimana Dairi Unggul ini bisa terwujud, salah satunya memperkenalkan Dairi lebih luas, membantu UMKM, bisa menarik minat investor atau kunjungan wisatawan ke Dairi,” kata Eddy.
Dia menambahkan sebenarnya Dairi bukan tuan rumah ajang F1H20, tetapi kenapa Dairi yang ditunjuk menjamu para pembalap dunia tersebut?
“Tentunya ini sebuah penghargaan besar bagi Dairi bisa dipercaya menjadi tuan rumah gala dinner oleh Kemenko Marves dan penyelenggara yakni InJourney. Masyarakat Dairi harus bangga dengan penunjukan ini,” kata Bupati.
Bupati Eddy menjelaskan sebenarnya tujuh daerah yang mengitari Danau Toba yakni Dairi, Toba, Simalungun, Samosir, Karo, Humbang Hasundutan, dan Tapanuli Utara punya peluang yang sama untuk menjadi tuan rumah gala dinner tersebut.
“Namun karena kerja keras dan inisiatif yang kita lakukan ke Menko Marves Luhut Panjaitan melalui Deputi V Kemenko Marves Bidang Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Odo Manuhutu, juga ke penyelenggara dalam hal ini InJourney, maka Dairi ditunjuk melaksanakan gala dinner ini,” kata Eddy Berutu.

Baca Juga  Dukung IKN, Bupati Eddy Berutu Hadiri Rapat Koordinasi Nasional Ibu Kota Nusantara

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button