Ekonomi

Gapoktan Gunung Sitember Terima 1 Unit Alat Pemanen Jagung Multiguna, Eddy Berutu: Ini Komitmen Mewujudkan Agri Unggul

RANTEBESI, pelitarakyat.com – Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu menyerahkan satu unit Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) pemanen jagung atau modern multiguna atau Combine Harvester Multy Comodity kepada Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) di Desa Rante Besi, Senin (12/6/2023).

Bupati Dairi Eddy Berutu mengatakan, bantuan yang diberikan kepada Gapoktan sebagai upaya peningkatan produktivitas dan kesejahteraan petani di wilayah Kecamatan Gunung Sitember.

“Mesin panen ini sangat efektif digunakan untuk memanen jagung pada lahan yang luas. Mesin panen ini dapat langsung masuk ke area lahan untuk memanen tanaman yang masih berdiri, memotong, merontok, menghasilkan gabah/pipilan kering yang dapat langsung masuk ke dalam karung,”katanya.

Menurut Eddy Berutu, kapasitas mesin panen ini dapat memanen jagung dengan kapasitas 0.33 hektar per jam atau memanen 1 hektar jagung hanya dalam waktu tiga jam saja, dengan tenaga kerja hanya tiga orang. Selain itu, mesin ini juga dapat digunakan pada lahan dengan kemiringan hingga 30 derajat.

Iklan

“Bandingkan jika menggunakan cara konvensional, untuk memanen 1 hektar jagung dibutuhkan tenaga kerja 20 sampai 25 orang dalam waktu satu hari. Jika dikalikan, sudah berapa jumlah biaya tenaga kerja yang harus dikeluarkan?,” kata Eddy.

Baca Juga  Pj Gubernur Hassanudin Puji Perekonomian Dairi Tahun 2023 Meningkat 5,04 Persen, Bupatinya Eddy Berutu

Dengan adanya alat ini, maka biaya produksi akan lebih mudah. Dengan begitu katanya, petani akan semakin untung apalagi saat ini harga jagung sedang membaik.

“Perlu saya jelaskan, apa yang sudah kita lakukan ini sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Dairi untuk mewujudkan Agri Unggul yang mensejahterakan petani,”katanya.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button