Uncategorized

Upacara Harlah Pancasila, Bupati Dairi Mengenakan Pakaian Baju Adat Pakpak

DAIRI, pelitarakyat.com – Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu menjadi inspektur upacara pada peringatan hari lahir (Harlah) Pancasila, Kamis (1/6/2023), di halaman Kantor Bupati Dairi di Sidikalang.

Dalam upacara ini, Bupati mengenakan pakaian adat Pakpak dan membacakan sambutan Presiden Joko Widodo.

Dalam amanatnya, Presiden menyampaikan bahwa ideologi Pancasila membuat kepemimpinan Indonesia diterima dan diakui dunia.

Dicontohkan seperti menjadi presidensi G20 yang sukses dilaksanakan serta keketuaan ASEAN di tahun 2023 merupakan bukti bahwa Pancasila bukan hanya untuk Indonesia, tetapi juga sangat relevan untuk dunia.

Iklan

Presiden juga menyinggung soal keberlanjutan pembangunan. Jokowi menyebut Pancasila saat ini telah menjadi pondasi negara membuat Indonesia bisa keluar dari berbagai macam krisis.

Dengan hal ini, menurut Jokowi, ideologi Pancasila harus terus dipegang teguh untuk kemajuan bangsa.

“Kita saat ini berjuang untuk menghadirkan pembangunan yang adil dan merata, butuh kesinambungan dan keberlanjutan. Personel dalam pemerintah bisa berganti, tapi perjuangan tak boleh berhenti,” kata Jokowi.

Baca Juga  Penghargaan Bergengsi Dari Media Tempo, Bupati Dairi Dr. Eddy Berutu Sukses Memajukan Daerahnya (Adventorial)

Senada dengan pidato Presiden, Bupati Eddy Berutu juga menyampaikan beberapa catatan penting sebagai capaian program Dairi Unggul pasca pandemi.

Bupati menyebut sektor pertanian dengan adanya Kawasan Pertanian Terpadu (KPT) komoditi cabai dan kentang. Juga pertanian jagung dan sorgum di Kecamatan Tigalingga.

“KPT salah satu bentuk keseriusan pemerintah dalam sektor pertanian, termasuk juga bentuk sinergi antar pemerintah daerah, provinsi dan pusat. Hal itu sudah kita buktikan dengan mengirimkan lebih kurang 2,5 ton hasil panen cabai perdana dari KPT ke Medan,” katanya.

Iklan

Bupati mengatakan program lain juga sedang diupayakan, antara lain di sektor pendidikan dan SDM, yakni dengan menggelar pelatihan Metode Gampang Asik dan Menyenangkan (Gasing) dengan target 33.000 orang anak didik di tahun 2023 ini.

Baca Juga  Guru Menjadi Garda Terdepan Dalam Kemajuan Zaman ini

“Pembangunan beberapa fasilitas dan infrastruktur juga terus kita upayakan ke depan selain fasilitas yang sudah ada seperti Gedung Perpustakaan Raja Naga Jambe dan Gedung PLUT. Capaian ini tentu belumlah maksimal, tapi berbagai upaya akan terus kami lakukan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat dalam harmoni keberagaman. Kami mohon doa dan dukungan seluruh pihak,” kata Bupati.

Hadir dalam upacara ini, unsur Forkopimda, Kapolres Dairi AKBP. Wahyudi Rahman, Anggota DPRD Manat Sigalingging, mewakili Dandim 0206, Kasdim Mayor Inf. Jimmi Barus, mewakili Pengadilan Negeri Sidikalang Johanes Edisan Haholongan, Sekda Budianta Pinem, para asisten, staf ahli dan kepala OPD, guru, Ketua TP.PKK Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, anggota TNI dan Polri, serta para siswa SD hingga perguruan tinggi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button