Uncategorized

Bupati Dairi Eddy Berutu Ikuti Rakor Persiapan Event Dunia Aquabike Danau Toba 2023

DAIRI, pelitarakyat.com-Setelah sukses dengan F1 Powerboat di Balige, Februari lalu, kembali Kawasan Danau Toba akan menyelenggarakan ajang lomba air dunia yakni World Aquabike Championship Season 2022, November 2023 mendatang.

Untuk menyambut event dunia itu, Kabupaten Dairi sebagai salah satu kabupaten yang mempunyai Danau Toba pun bersiap.

Untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan event tersebut, Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) secara daring persiapan penyelenggaraan Aquabike Danau Toba 2023 bersama 3 kabupaten terpilih lainnya yang menjadi tuan rumah penyelengara, seperti Tanah Karo, Toba, dan Samosir, dari ruang rapat bupati, Selasa (4/7/2023).

Rakor yang dipimpin Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Odo R.M. Manuhutu, membahas tentang persiapan 4 kabupaten jelang jadwal event World Aquabike Championship 2023 nanti.

Iklan

Usai rakor, Bupati Eddy Berutu menyampaikan belajar dari event F1Powerboat di Balige tentu dipercaya menjadi salah satu tuan rumah menjadi tantangan yang baik buat Dairi guna memberikan pelayanan pariwisata dan menjual potensi wisata di Dairi.

Baca Juga  Hadirkan Gasing di Dairi, Prof. Yohanes Surya Puji Inisiatif dan Inovasi Bupati Eddy Berutu

“Kemarin saya sudah ke Italia, bersama Bupati Toba, Samosir, dan Karo. Saya belajar banyak di sana. Ekonomi di sana tumbuh dari event seperti yang akan digelar November nanti. Tentu keberhasilan ini terkabul bukan tiba-tiba, semua terjadi karena proses. Itu yang menjadi pegangan kita terutama ke wilayah Silalahi. Membangun kesan positif pada even ini nanti, perlu kita sosialisasikan,” ujar Eddy.

“Tentu yang tidak boleh luput dari perhatian kita adalah soal dana. Kita tentu mendukung event ini tapi disesuaikan dengan kemampuan anggaran kita secara proporsional. Bentuk dukungan lain adalah lewat promosi, atraksi, dan pelayanan terbaik,” katanya.

Sementara itu, dalam laporannya Odo menyebut bahwa pada April 2023, UIM official Management telah melakukan uji homologasi di Empat titik di kawasan Danau Toba untuk penyelenggaraan event World Aquabike Championship season 2023 yang rencananya akan digelar 22-26 November nanti.

“Hasil survey homologasi UIM, empat kawasan telah ditetapkan menjadi lokasi rangkaian penyelenggaraan World Aquabike Championship season 2023 yakni, Tongging Kabupaten Karo, Silalahi Kabupaten Dairi, Pangururan Kabupaten Samsoir, dan Balige Kabupaten Toba,” katanya.

Baca Juga  Lagi Pengerjaan Drainase di Lae Pondom, Bupati Dairi Imbau Pengendara Berhati-hati Melintas

Belajar dari penyelenggaraan F1Powerboat di Balige Februari lalu, kata Odo, telah memberikan dampak positif pada perekonomian lokal khususnya pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

Iklan

“25 ribu pengunjung dengan pengeluaran rata-rata Rp 3,9 juta telah memberi dampak langsung Rp 129 miliar, dengan efek multiplikasi sebesar 3 kali lipat. Secara total, perkiraan dampak ekonomi mencapai Rp 391 miliar,” ujarnya lagi.

Lebih jauh, dijelaskan Odo Manuhutu, kunci keberhasilan event seperti ini adalah sinergitas dan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan para pemangku kepentingan lainnya.

“Jadi mari bersinergi mensukseskan perhelatan ini demi peningkatan ekonomi masyarakat,” katanya mengakhiri.

Hadir dalam rakor ini, Sekda Budianta Pinem, Asisten Perekonomian dan Pembangunan J.W Purba, Kadis Disparbudpora DAIRI Rahmat Syah Munthe, Kepala BKAD Dekman Sitopu, Kadis Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi Parulian Sihombing, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dairi Hotmaida Butar-butar, serta perwakilan OPD lainnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button