Uncategorized

Pemkab Dairi Menerima Kunjungan Tim UGM

DAIRI, Pelitarakyat.com-Pemerintah Kabupaten Dairi, dalam hal ini Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) menerima kunjungan tim Pusat Pengembangan Kapasitas dan Kerjasama (PPKK) FISIPOL Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dalam rangka riset penyusunan evaluasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Kabupaten Dairi Tahun 2005-2025 di ruang rapat bupati, Senin, (3/7/2023).

Tim ini dipimpin langsung wakil direktur PPKK FISIPOL UGM Dr. Arie Ruhyanto.

Pertemuan ini dibuka Staf Ahli Bupati dr. Nitawati Sitohang, Kepala Bappeda A.Tinambunan, serta dihadiri pimpinan dan perwakilan OPD.

Mengawali pertemuan dr. Nita mengatakan hasil dari evaluasi RPJPD Kabupaten Dairi Tahun 2005-2025 ini akan digunakan sebagai salah satu bahan untuk penyusunan Rencana Awal RPJPD Kabupaten Dairi Tahun 2025-2045.

Iklan

RPJPD bertujuan untuk menjadi acuan dasar pemecahan permasalahan daerah melalui koordinasi antar pelaku pembangunan, integrasi, sinkronisasi, dan sinergi antar fungsi pemerintahan daerah maupun pemerintah pusat, partisipasi masyarakat, serta penggunaan sumber daya secara efisien, efektif, berkeadilan, dan berkelanjutan.

Selanjutnya Kepala Bappeda Kabupaten Dairi A. Tinambunan menyampaikan berbicara laju pertumbuhan ekonomi, angka stunting, Indeks Pembangunan Manusia (IPM) 10 hingga 20 tahun ke belakang tentu menjadi hal sulit.

Baca Juga  Terima Kunjungan Danrem 023/KS, Bupati Dairi: TNI Membangun Desa Terbukti Positif, Pemkab Siap Kolaborasi

Berbagai hal, kata Tinambunan, dapat menjadi penyebabnya, mulai dari arah kebijakan yang berubah, kondisi yang tidak lagi relevan dengan perkembangan zaman atau hal-hal lainnya.

Masih dalam kesempatan yang sama, Dr. Arie Ruhyanto memaparkan bahwa dari hasil evaluasi tingkat capaian kinerja RPJPD Kabupaten Dairi yang didasarkan pada sasaran pokok RPJPD, kondisi indikator makro pembangunan Kabupaten Dairi yang dibandingkan dengan capaian Provinsi Sumatera Utara(Provsu), serta evaluasi tahapan dan skala prioritas pembangunan daerah pada RPJPD selalu menunjukkan angka yang tidak tetap.

“Kita sudah mendapat masukan dari perencanaan pembangunan Kabupaten Dairi dari 20 tahun lalu, namun kita ingin mengetahui lebih dalam lagi persoalan apa yang dihadapi sehingga dalam perencanaan pembangunan 20 tahun ke depan kita dapat data yang lebih akurat, target yang lebih jelas sehingga capaian juga bisa lebih terukur,” katanya menambahkan.

Berdasarkan data sementara, jelas Arie, hasil penghitungan tingkat capaian kinerja RPJPD Kabupaten Dairi Tahun 2005-2025 dalam empat periode lima tahunan berada pada kondisi yang fluktuatif, ada yang positif, tapi ada juga negatif.

Iklan

Masih kata Arie, secara teoritis dalam membuat perencanaan dasarnya adalah problem based, dan vision based dan dari data sementar tadi, terdapat beberapa indikator yang capaiannya belum optimal dibandingkan dengan capaian Provsu dan nasional.

Baca Juga  Bupati Dairi dan BI Sumut Berikan Bantuan Green House ke Pondok Pesantren Sidiangkat

Oleh karena itu pemerintah Kabupaten Dairi, kata Arie, masih perlu meningkatkan upaya untuk dapat mengoptimalkan capaiannya pada RPJPD periode berikutnya.

Hasil evaluasi yang didapat 2005-2025, ada positif dan ada yang megaif yang mesti dibenahi, kami tim UGM hanya membantu merumuskan, karena bahan dan materi kami peroleh dari sini (red: Pemkab Dairi).

Sebagai informasi, untuk mendapatkan hasil yang maksimal selama 2 hari ke depan, tim UGM akan mengadakan diskusi secara berumpun bersama OPD terkait.

“Kami mengharapkan peran semua OPD untuk terlibat memberi dukungan dengan mengisi beberapa form isian yang akan dibagikan, mengisikan isu apa yang kira-kira perlu mendapat perhatian, apa penyebabnya dan lengkapi dengan data dukungnya,” kata Arie mengakhiri.

 

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button