Daerah

Tinjau Pembangunan Jalan Kuta Buluh – Lau Perimbon, Bupati Dairi: Semoga Masyarakat Terbantu

DAIRI, pelitarakyat.com- Pembangunan jalan tidak hanya untuk meningkatkan kualitas infrastruktur tapi juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Oleh karena itu, perlu bagi kontraktor yang bertanggungjawab untuk memberdayakan masyarakat setempat selama proses pembangunan sehingga pendapatan mereka juga meningkat.

Demikian disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat melakukan pemanatauan pembangunan Jalan Kuta Buluh-Lau Perimbon, Kecamatan Tanah Pinem, Rabu (13/9/2023). Dalam kunjungan tersebut, Eddy Berutu memantau bagaimana progres yang dihasilkan sejak ditandatanganinya kontrak pada 13 Juli 2023 silam.

Disampaikan Eddy, pembangunan infrastruktur memberikan peranan yang sangat penting untuk memacu pertumbuhan ekonomi serta mengurangi pengangguran dan meningkatkan kesejahteraan rakyat. Karena itu, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur mengingat ketersediaan infrastruktut merupakan pendukung kegiatan ekonomi dan pertumbuhan dunia usia.

Baca Juga  Peresmian Masjid Ar-Rahman Maha Bunga, Bupati Eddy Berutu: Bangunan Kokoh, Panitia, dan Masyarakat Sangat Kompak

“Kami selaku aparatur pemerintah terus berupaya dalam melakukan komunikasi dengan pimpinan yang ada di provinsi maupun pusat untuk membantu penyediaan infrastruktur di Dairi, baik melalui hibah, program kerja, dan lainnya. Dikarenakan keterbatasan anggaran, maka kita harus melakukan pembangunan berdasarkan skala prioritas. Untuk itu kami harapkan dukungan dari seluruh masyarakat Dairi untuk bersabar,” tuturnya.

Iklan

Lebih lanjut, Eddy Berutu menyampaikan seusai pembangunan jalan selesai, maka Dinas Perhubungan Kabupaten Dairi harus memasang rambu-rambu di sepanjang jalan, memasang lampu penerang tenaga surya, dan memasang mata kucing sebagai penanda batas agar pengendara tidak keluar dari jalur.

Menanggapi pernyataan tersebut, Jeki Purba selaku pengawas lapangan menyampaikan pembangunan jalan senilai Rp. 3.675.123.000,45 tersebut telah memberdayakan masyarakat setempat dalam selama proses pembangunannya.

Baca Juga  Kepada Ketua PKK Desa yang Baru Dilantik, Bupati Menyampaikan Selamat Mengemban Tugas ugas Baru

“Kami berupaya semaksimal mungkin untuk memperkerjakan masyarakat dalam proyek ini, melalui pekerjaan-pekerjaan ringan seperti konstruksi penggalian, pengadukan semen, dan sebagainya. Sementara untuk pekerjaan yang berat, kita tetap menggunakan tenaga kerja yang terkualifikasi,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Tohap Sihombing selaku konsultan proyek menyampaikan dana pengerjaan jalan Jalan Kuta Buluh – Lau Perimbon bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Kabupaten Dairi dan direncanakan rampung pada 9 Desember 2023 atau sekitar 150 hari kalender.

“Jalan ini akan dibangun menggunakan hotmix dengan lebar tiga meter. Pada sisi jalan, kita juga akan memasang rigid atau beton bertulang, sehingga total lebar jalan 4.2 meter. Jadi nanti mobil mini bus bisa lewat dengan nyaman,” ucapnya.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button