Uncategorized

Eddy Berutu: SDM yang Tangguh Adalah Bagian Tanggung Jawab Bidan

DAIRI, pelitarakyat.com – Untuk membangun kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang sehat, berbudaya, dan berdaya saing, bidan jadi garda terdepan menghadapi tantangan masa depan yang mungkin lebih berat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Dairi Dr. Eddy Keleng Ate Berutu saat menghadiri pelantikan pengurus ranting Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Cabang Kabupaten Dairi yang dirangkai dengan perayaan ulang tahun IBI Indonesia ke-72 yang mengangkat tema ‘Satukan Langkah Dalam Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti’, Sabtu (14/10/2023), di Gedung Balai Budaya Sidikalang.

Kepada seluruh bidan, Bupati Eddy Berutu juga menegaskan bahwa pada saat HUT RI ke-100 kita ingin Indonesia sudah jadi negara maju, dan sebagai prasyarat utamanya adalah SDM yang tangguh.

“Visi Indonesia emas akan kita capai dengan pertumbuhan ekonomi tinggi yang hanya mampu dibangun oleh kualitas SDM yang tangguh,” ujarnya.

Iklan

Sebagai salah satu bukti Indonesia menjadi negara yang diperhitungkan bangsa lain adalah kesuksesan Indonesia dalam penanganan Pandemi Covid-19 dalam 3 tahun terakhir.

Baca Juga  Pemkab Dairi Terima DIPA TA 2023 dari Pemprovsu

“Kita memang sudah buktikan, contohnya penanganan Covid-19. Indonesia jadi satu dari lima negara terbaik. Tantangan selanjutnya adalah bonus demografi di mana usia harapan hidup akan tinggi, ditandai dengan jumlah usia manusia produktifnya akan tinggi juga. Inilah yang menjadi alasan kenapa negara kita jadi negara yang diamati dunia.

Tantangan yang lebih berat lagi, kata Eddy Berutu, adalah peralihan penyakit yang menyerang pada usia produktif.

“Ini, menjadi tanggung jawab kita bersama termasuk bidan untuk selalu siap merespons perubahan di sekitar kita, khususnya kesehatan maternal dan perinatal. Mari satukan langkah untuk penguatan layanan kesehatan, dan bertransformasi. Pemerintah pun akan terus berjuang untuk tenaga kesehatan ini guna peningkatan layanan kesehatan,” kata Bupati mengakhiri.

Sementara itu, Ketua IBI Cabang Dairi Bd. Setiawaty Ginting menyampaikan sampai saat ini perjalanan panjang telah dilalui bidan di seluruh Indonesia.

Baca Juga  Sabirin Siahaan Buka Sekolah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK/SLB)

Dijelaskan, peringatan ini adalah kesepakatan bersama untuk merenungkan bahwa perjuangan masih berlanjut bahkan semakin kompleks.

Iklan

“Semoga bidan jadi pelita terang dan menginspirasi bagi banyak orang. Mari satukan langkah dalam tranformasi kesehatan yang selaras dengan visi misi kabupaten Dairi. Teruslah berinovasi dan belajar meningkatkan kompetensi masing masing,” katanya

Tidak lupa Setiawaty juga menyampaikan terima kasih kepada Bupati atas izin belajar juga formasi dan alokasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) untuk tenaga kesehatan.

“Semoga pelantikan ini, para ketua ranting dapat memimpin organisasi kita sesuai AD/ART dan bertanggung jawab atas kegiatan masin-masing,” katanya mengakhiri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Mewakiki Kadis Kesehatan dr. Lois Sihombing, mewakili Direktur RSUD Sidikalang Marta Sianturi, Ketua TP PKK Kabupaten Dairi Romy Mariani Simarmata- Ny.Eddy Berutu, para pengurus IBI ranting, dan pensiunan bidan.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button