Ekonomi

Bupati Pakpak Bharat Hadiri Grand Opening Rumah Produksi Gambir Papun

KABAN TENGAH, pelitarakyat.com – Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor menghadiri pembukaan dan peresmian “Rumah Produksi Teh Celup Gambir Papun” di Desa Kaban Tengah, Kecamatan Sitellu Tali Urang Jehe, Pakpak Bharat, Jumat (5/3/2021).

Sebagaimana diketahui, usaha kecil yang dirintis oleh Edisah Putra Berutu, SE bekerja sama dengan Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Pakpak Bharat. Pada peresmian tersebut bupati Pakpak Bharat turut didampingi Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UMKM Mordehai Orba Suntuk Manik, SH, MH.

Dalam sambutanny, Bupati Pakpak Bharat Franc Bernhard Tumanggor mengatakan sangat tertarik dengan minat dan tekad para pelaku UMKM ini dalam mengembangkan serta menggali potensi-potensi lokal untuk mereka kembangkan menjadi sebuah sumber penghasilan.

“Ini bagus dan perlu dikembangkan terus kedepannya, di samping dapat mendatangkan pendapatan bagi para pelaku usaha sendiri, usaha seperti ini juga membantu para petani dan produsen gambir dalam memasarkan hasil pertanian mereka. Saya juga latar belakangnya pengusaha, dan susahnya membuka usaha seperti ini adalah di tahun-tahun pertama yang harus bekerja ekstra keras terutama dalam hal memasarkan hasil produksi kita, saya harapkan para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah yang saat ini berkumpul di sini jangan menyerah dan jangan cepat putus asa, mari sama-sama kita carikan solusi bagi permasalahan yang kalian hadapi dalam membangun usaha-usaha serupa ini, sekali lagi ini untuk membantu kalian semua, ucap Bupati dalam arahannya,” katanya.

Iklan

Edisah Berutu, pemilik rumah produksi ini menyampaikan antara lain rasa terimakasihnya atas perhatian dari pemerintah Pakpak Bharat terutama bupati Pakpak Bharat dalam hal membantu para pelaku UMKM seperti dirinya sendiri.

Baca Juga  Keterlibatan Perempuan Akan Beri Kontribusi Pada Perekonomian Petani Kopi

“Saya sampaikan banyak terima kasih atas kunjungan bapak bupati ke acara pembukaan rumah produksi teh ‘Gambir Papun’ di Dusun yang cukup jauh ini, Dusun Lae Mbulan Desa Kaban Tengah. Kami berterimakasih juga kepada Bapak Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM atas kehadirannya. Kami juga merasa bangga dan terhormat atas kunjungan tersebut. Kedepannya kami berharap usaha Produksi Teh Gambir ini semakin maju, dan menjadi sebuah icon Pakpak Bharat, dengan begitu pasti akan sangat membantu perekonomian masyarakat termasuk juga akan menjadi penyedia lapangan pekerjaan. Saya yakin dengan dukungan penuh dari Pemerintah Pakpak Bharat harapan ini akan bisa terwujud, ungkapnya optimis,” ucapnya.

Baca Juga  Wamen Perdagangan dan Gubernur Sumut Lepas Ekspor Produk Singkong dan Sarang Burung Walet

Dia juga menambahkan bahwa saat ini prosuksi hasil olahan rumah produksi ini kini sudah dipasarkan ke Kota Medan, Bogor dan Aceh.

Menurutnya, teh daun gambir produksi Rumah Gambir Papun ini punya daya tarik tsrsendiri dengan menghadirkan aroma khas bunga melati yang semakin menambah cita rasanya. Aroma melati yang dipadukan dengan aroma daun gambir yang diracik dengan keahlian khusus mampu memberikan sensasi tersendiri bagi para penikmat teh.

Ditanya mengenai arti kata “papun” pada label produksinya ini, sembari tersenyum dia menjelaskan papun itu adalah singkatan dari “Pakpak Punya”

Sementara itu Kepala Bidang Industri dan Perdagangan Dinas Perindustrian, perdagangan,Koperasi dan UMKM Pakpak Bharat Duma Rita Purba, SP menyampaikan harapan besarnya dengan kehadiran produk gambir baru ini. Dengan adanya produk baru olahan gambir ini kita berharap gambir Pakpak Bharat ini akan semakin berdaya guna dan semakin dikenal bahkan secara nasional.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button