Politik

PSI Sumut Minta Pemerintah Perbaiki Jalan Rusak

MEDAN, pelitarakyat.com – Sejumlah jalan utama di Kota Medan mengalami rusak parah. Tidak adanya sinergi antara pemerintahan kota dan kabupaten serta Provinsi dan pusat untuk memperbaiki jalan tersebut berdampak menganggu aktivitas penguna jalan menjadi macet bahkan memakan korban jiwa.

Ketua Perkumpulan Masyarakat Demokrasi Empatbelas, Muhri Fauzi Hafiz, SE., MA mengatakan, infrastruktur sangat berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi negara karena akan menjadi investasi jangka panjang bagi suatu negara. Jalan merupakan prasarana transportasi darat yang diperuntukkan bagi lalu lintas umum.

Menurut Muhri, jalan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting dalam melakukan aktivitas. Kondisi jalan yang baik akan mendorong kegiatan masyarakat lebih produktif saat menjalankan aktivitas mereka sehari-hari.

Seperti di jalan Cemara, Medan, Sumatera Utara kondisi jalan berlubang dan rusak parah. Ruas jalan ini tidak lagi berfungsi secara maksimal. Kerusakan jalan ini sudah sangat lama terjadi. Namun, belum terlihat akan ada perbaikan jalan dari Pemerintah.

Iklan

“Banyak warga yang khawatir jalan rusak tersebut menyebabkan para pengendara jatuh. Terlebih saat ini, cuaca sedang tidak baik, saat hujan turun yang berlubang tergenangi air. Akibatnya, banyak warga yang takut saat melewati jalan berlubang tersebut terlebih pada saat malam hari karena tidak di sepanjang jalan minim penerangan. Padahal ruas jalan ini statusnya jalan Provinsi dan ruas jalan ini juga prioritas bagi kendaraan-kendaraan bermotor terutama mobil muatan besar. Alhasil kendaraan yang melintas merasa tidak nyaman dan menganggu aktivitas warga seperti, kendaraan yang mudah rusak, memperlama waktu perjalanan, bahkan sampai menimbulkan korban jiwa,” Kata Muhri Fauzi Kepada Wartawan, Selasa (21/04).

Baca Juga  Seseorang Tahan C6 dan KTP Dilapor ke Bawaslu Pakpak Bharat

Lanjut Muhri yang juga Wakil Ketua DPW PSI Sumatera Utara menyebutkan, pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang seharusnya sebagai perpanjangan tangan pemerintah pusat sebaiknya cermat melihat hal ini. Apalagi Kepala Dinas Binamarga Provinsi Sumut saat ini merupakan orang yang punya pengalaman di kementrian yang cukup mempuni dan pengalaman.

Kendaraan melintasi jalan rusak di Jalan Cemara. Jalan ini luput dari perhatian Pemerintah Daerah. “Pemerintahan Provinsi harus segera tanggap dengan cara bersinergi bersama Pemerintah Kota Medan dan Deliserdang, dengan cara bersama sama mendorong dan meminta kepada Kementrian PUPR agar dapat memperbaiki jalan tersebut menjelang Hari Raya IdulFitri. “Ungkapnya.

Baca Juga  Ketua DPRD Tinjau Pengaspalan di Prongil Jehe: Kwalitas Harus Diperhatikan

Mantan anggota DPRD Provinsi Sumut periode 2014-2019 ini menambahkan, pemerintah daerah dan kota jangan cuma sekedar saling tuding kewenangan, sehingga mengakibatkan kesengsaraan kepada rakyat.

“Apabila tidak mampu mengatasi jalan rusak tersebut. Kepala Dinas terkait silahkan saja menyampaikan hal itu kepada Gubernur Sumut. Bilang terus terang bahwa dirinya tidak dapat mengatasi jalan rusak yang merupakan kepentingan rakyat banyak. Jangan taunya hanya duduk diam dan mengurusi kepentingan lelang proyek saja apalagi lelang tersebut menguntungkan pribadinya,” tukasnya.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button