Politik

Bupati Eddy Berutu Paparkan Capaian Pemerintah dari Sektor Pertanian, Pariwisata, dan Perhubungan

Momentum Hari Jadi Kabupaten Dairi ke -75

PELITARAKYAT.COM – Dalam momentum peringatan hari jadi Kabupaten Kabupaten Dairi ke-75, Sabtu (1//10/2022) di Kantor DPRD Dairi, Bupati Eddy Berutu memaparkan sejumlah prestasi kinerja pemerintah di bawah kepemimpinannya.

Awalnya Eddy Berutu mengungkapkan kondisi Pandemi Covid-19 lebih kurang 2 tahun telah memberikan tekanan terhadap kondisi perekonomian nasional hingga perkonomian daerah. Namun ia mengucapkan syukur pandemi Covid-19 sudah mulai menurun, lalu perekonomian masyarakat pun sudah perlahan pulih kembali.

“Hari ini saya sangat senang dan bersyukur bisa bertemu dengan bapak ibu dalam paripurna istimewa hari jadi Kabupaten Dairi yang ke-75,” kata Eddy Berutu.

Bupati berharap, melalui momentum hari jadi ini, Dairi bangkit lebih cepat setelah diguncang pandemi Covid-19 dan semakin unggul dengan program-program yang sudah direncanakan.

Iklan

“Sejalan dengan tema hari jadi Kabupaten Dairi yang ke-75, Pemerintah Kabupaten Dairi bersama dengan seluruh stakeholder dan masyarakat harus optimis dan bangkit lebih cepat dalam membangun perekonomian masyarakat,” kata Eddy Berutu.

Hal ini, kata Bupati Eddy Berutu, menunjukkan kerja keras pemerintah dalam sektor pertanian. Pemerintah juga penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) Kluster kopi dan jagung.

“Pemerintah memberikan bantuan permodalan. Sampai dengan bulan Oktober ini untuk KUR Kluster kopi sudah tersalur kepada 21 orang petani pada 3 Kecamatan, yaitu Kecamatan Sidikalang, Kecamatan Pegagan Hilir dan Kecamatan Sumbul dengan total luas lahan 15,5 Ha dan total nilai KUR sebanyak Rp.434.000.000,-. Sedangkan untuk KUR Kluster jagung sudah tersalur kepada 36 orang petani dengan total luas lahan 34 Ha dan total nilai KUR sebanyak Rp.510.000.000,” jelas Bupati.

Baca Juga  Simpatisan dan Pendukung Sora Lebbuh Tetap Solid

Lalu, penyaluran alat dan mesin pertanian. Sejak Oktober 2021 sampai dengan saat ini, Pemerintah Kabupaten Dairi telah menyalurkan alat dan mesin pertanian kepada masyarakat, traktor roda 2 sebanyak 16 unit, cultivator sebanyak 20 unit, handsprayer elektrik sebanyak 15 unit, Corn planter dorong sebanyak 65 unit, alat pelobang tanam kopi sebanyak 15 unit, corn sheller sebanyak 4 unit, traktor roda 4 sebanyak 3 unit, combine harvester besar (CHB) 1 unit, Rice Miling Unit (RMU) sebanyak 2 unit.

Lalu, dalam memperlancar mobilitas alat mesin pertanian, pemerintah membangun jalan pertanian yang dibangun Pemerintah Kabupaten Dairi melaksanakan Sejak Oktober 2021 sampai dengan saat ini adalah sebagai sebanyak 23 paket dengan total anggaran sekitar Rp 3,9 miliar.

Lalu, Bupati Eddy Berutu juga menjelaskan, tahun ini ada pembangunan perpustakaan 9,8 milyar.

Iklan

Perpustakaan ini di bangun di taman rekreasi Sidikalang yang didesain ramah disabilitas dan lansia. Pembangunan ini telah dimulai pada Bulan Juli tahun 2022 ini dan kita berharap tahun ini Gedung perspustakaan tersebut akan selesai dibangun dan operasional.

Selain itu dari sektor pariwista kata Bupati Eddy Berutu, tahun ini pemerintah mendapat anggaran yang cukup besar yaitu DAK pembangunan Sarana dan Prasarana Pariwisata yang berlokasi di rumah tanggal Kecamatan Silahisabungan.

Baca Juga  Ketua Golkar Dairi Eddy Berutu Hadiri Safari Ramadan DPD Golkar Sumut di Simalungun

“Di lokasi rumah tanggal ini sedang dibangun Menara Pandang, Kios Cenderamata, Panggung Kesenian, Jalur Pejalan Kaki/Pedestrian, Plaza Kuliner, Toilet, Gazebo, Tempat Parkir, Tempat Ibadah, Tempat Penampungan Sampah (TPS) dan Tourist Information Center dengan dana keseluruhan sebesar Rp. 8.060.053.920,-, dan kita pastikan harus selesai tahun ini juga,” ujarnya.

Kemudian dari sektor perhubungan kata, Eddy Berutu, Tahun 2021 telah dimulai pelaksanaan pembangunan pelabuhan penyeberangan (dermaga) di Desa Paropo Kecamatan Silahisabungan Kabupaten Dairi oleh Kementerian Perhubungan yang bersumber dari APBN Tahun 2021 sebessar 12,3 Milyar.

“Anggaran pembangunan dimaksud berdasarkan berdasarkan usulan Pemerintah Kabupaten Dairi, dimana pelepasan tanah atau lahan pembangunan dermaga dari Pemerintah Kabupaten Dairi. Kita harapkan tahun dermaga ini beroperasi dan akan menjadi ikon,” katanya.

Bupati Dairi menjelaskan masih banyak pekerjaan lain yang tengah dikerjakan oleh permerintah. Ia mengatakan, tanpa dukungan dan partisipasi dari seluruh pihak, program yang kita rencanakan tidak akan terlaksana.

“Di atas segala keterbatasan dan kekurangan dalam pencapaian program kerja yang masih kurang, atas nama Pemerintah Kabupaten Dairi, ke depan pencapaian program-program pemerintahan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat akan semakin meningkat dan pembangunan di Kabupaten Dairi dapat kita lanjutkan demi terwujudnya,” papar Eddy Berutu.

(jem/prc)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button