Peristiwa

Layanan Jempol Adminduk Dairi Patut Diberi Jempol

SIDIKALANG, pelitarakyatcom – Bupati Dairi, Dr. Eddy Keleng Ate Berutu memaparkan pelayanan Jemput Bola (Jempol) Administrasi Kependudukan (Adminduk) ke Desa-Desa Se- Kabupaten Dairi yang merupakan salah satu dari 11 program capaian Pemerintah Kabupaten Dairi dalam kurun waktu 2020 sampai 2021 pada resepsi Hari Jadi Kabupaten Dairi ke-74 tahun 2021, Jumat (1/10/2021) di Balai Budaya Sidikalang.

Dipaparkan Eddy, dalam rangka menuntaskan cakupan kepemilikan dokumen adminduk masyarakat Kabupaten Dairi sebagai wujud pelayanan administrasi publik yang transparan dan akuntabel, Pemerintah Kabupaten Dairi melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Dairi melakukan inovasi dan langkah-langkah percepatan seperti pelayanan Jemput Bola (Jempol) Administrasi Kependudukan (Adminduk) ke Desa-Desa Se- Kabupaten Dairi

“Pelayanan Jempol Adminduk adalah pelayanan Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi yang langsung mendatangi/mengunjungi warga ke Desa-Desa se–Kabupaten Dairi dalam menuntaskan/menyelesaikan seluruh dokumen adminduk yang ada di Masyarakat Desa. Capaian layanan Jempol Adminduk sejak Tahun 2020 sudah mengunjungi 62 Desa dan diterbitkan 27.998 dokumen, selain itu Pelayanan jemput bola (Jempol) juga diberikan kepada masyarakat yang masuk dalam kategori Penduduk Rentan Adminduk seperti Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ), Penyandang Disabilitas, Tuna Susila, Lanjut Usia (lansia) dan lainnya. Adapun pelayanan yang dilaksanakan untuk ODGJ 43 orang, Disabiilitas 12 orang, lansia 8 orang, tempat hiburan malam (tuna susila) sebanyak 88 dokumen,” paparnya.

Baca Juga  Pj Bupati Saksikan Penandatangan MoU Antar KPU Kabupaten Pakpak Bharat Dengan Kejari Dairi

Selain itu, Eddy juga memaparkan Pelayanan Adminduk Secara Daring (online) juga dilakukan untuk mewujudkan digitalisasi pelayanan administrasi kependudukan yang mudah, cepat dan transparan, dekat dengan masyarakat, dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Iklan

“Pelayanan adminduk sudah dapat juga dilakukan secara daring melalui aplikasi Perkebbas (Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis (Online) https://perkebbas.dairikab.go.id. Hal ini sejak kita canangkan pada 1 Oktober Tahun 2020 sampai dengan saat ini, aplikasi ini sudah dimanfaatkan pada 161 Desa dan 8 Kelurahan serta telah diterbitkan 14.859 dokumen,” jelasnya.

Eddy juga menyebut, adanya program cetak Akta kelahiran sehabis persalinan di RSUD Sidikalang dan Puskesmas se-Dairi. Tentunya hal tersebut dilakukan untuk percepatan dan mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Dinas Dukcapil Kabupaten Dairi bekerjasama dengan RSUD Sidikalang dan Puskesmas Se-Kab. Dairi, memberikan pelayanan penerbitan dokumen Akta lahir, perubahan Kartu Keluarga (KK) dan Kartu Identitas Anak (KIA) bagi anak baru lahir yang langsung diberikan di fasilitas kesehatan.

Baca Juga  Ayo Kita Jaga Dairi yang Kita Cintai Ini

“Selain dari program cetak Akta kelahiran sehabis persalinan ada juga program kerjasama Dinas Dukcapil Kabupaten dengan Dinas Pendidikan Kabupaten Dairi dalam percepatan penerbitan Akta lahir dan Kartu Identitas Anak (KIA). Hal tersebut telah berhasil mencetak 951 Akta Kelahiran dan 11.327 keping Kartu Identitas Anak (KIA), kondisi per 1 September 2021,” ucapnya.

Lebih lanjut, Eddy mengatakan program ini akan tetap berkelanjutan kedepannya dan selalu lebih berbenah kearah yang lebih baik, sehingga semua masyarakat Kabupaten Dairi memiliki dokumen yang lengkap.

Iklan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button