Budaya

Bupati Eddy Berutu Berharap Makna Gendang Guro-guro Aron Diterapkan pada Kehidupan Sehari-hari

PELITARAKYAT.COM – Dalam acara terselenggaranya Gendang Guro-guro Aron Karang Taruna di Desa Tigalingga, Sabtu (26/11/ 2022). Bupati Dairi Eddy Berutu mengapresiasi dan berterima kasih kepada panitia yang menyelenggarakan acara ini dengan meriah dan kondusif.

Bupati menyampaikan secara pribadi pesta gendang Guro-guro Aron tidak asing lagi. Gendang Guro-guro Aron sebagai pesta hiburan yang diadakan oleh para pemuda-pemudi dalam masyarakat Karo secara turun-temurun.

“Gendang Guro-guro Aron pun menggunakan alat musik yang khas dan masih tradisional. Pemuda pemudi berkumpul dalam satu tempat,” Ujarnya.

Baca Juga  Penjelasan Persinabul, Persinabuli dan Mersinabul Dalam Upacara Pesta Adat Pakpak

Banyak makna yang terkandung dalam gendang Guro-guro Aron salah satunya adalah mempererat hubungan kekeluargaan.

Iklan

“Lalu Guro-guro Aron ini juga bertujuan mempererat tali silaturahmi antar masyarakat,” Pintanya.

Untuk itulah, sejak panitia melakukan audiensi ke ruangan saya 3 Minggu lalu bersama bapak anggota DPRD bapak Jembal Ginting, Bupati sangat mendukung kegiatan ini.

“Saya bahkan berjanji akan dan menyaksikan langsung acara Gendang Guro-guro Aron bersama Karang Taruna dan pemuda setempat,” Ucap Eddy Berutu.

Pesan Bupati kepada Pemuda Karang Taruna, buatkan acara dengan tertip dan manfaatkan acara sebagai momentum mempererat tali silaturahmi. Generasi muda harus melestarikan budaya. Kobarkan semangat melalui kegiatan ini.

Baca Juga  Sekda Dairi Surung Charles Lamhot Bantjin : ASN Yang Baru Dilantik Dapat Semakin Produktif, Inovatif, dan Beradaptasi Era Digitalisasi

Dan kemarin, Bupati menyaksikan langsung acara Gendang Guro-guro Aron itu.

“Saya pun ikut merasakan kebahagiaan pemuda karena jumlah pengunjung cukup banyak. Saya berharap nilai-nilai Gendang Guro-guro Aron dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” Tutur Eddy Berutu.

Iklan

Mari kita mengajak pemuda pemudi berperan aktif untuk mendukung program pemerintah daerah khususnya Kabupaten Dairi untuk bersama-sama mewujudkan Kabupaten Dairi yang mensejahterakan masyarakat dalam harmoni keberagaman.(Man)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button