Budaya

Eddy Berutu Apresiasi Mubes Lembaga Adat Pakpak Sulang Silima Marga Kudadiri

SITINJO, pelitarakyat.com- Selamat atas terlaksananya Musyawarah Besar (Mubes) Lembaga Adat Sulang Silima Marga Kudadiri Tahun 2023 di Aula Komplek Gereja Taman Wisata Iman Sitinjo, Sabtu (04/03/2023).

Sambutan Bupati Dairi mengatakan, Mubes ini sangat penting. Mubes ini akan menentukan siapa pembawa nahkoda Marga Kudadiri ke depan.

“Saya berharap Dengan adanya Mubes ini tentu akan membentuk kepengurusan yang baru dan dapat menjadi warisan budaya sehingga suku Pakpak dapat terus lestari dan dapat diketahui oleh anak cucu Marga Kudadiri dimasa yang akan datang,”Ujar Bupati Dairi.

Lakukan Mubes ini dengan baik, jalin persahabatan dan persaudaraan dengan begitu marga Kudadiri akan kuat ke era yang akan datang.

Iklan

Mubes bagi sebuah organisasi merupakan sebuah momen untuk mengevaluasi pedoman organisasi sebelumnya dan juga merupakan momentum bagi terbentuknya kepengurusan baru.

Dalam menjalankan organisasi dengan baik dan tertib sesuai dengan pedoman atau administrasi yang sudah di perbaharui.

Baca Juga  Penjelasan Persinabul, Persinabuli dan Mersinabul Dalam Upacara Pesta Adat Pakpak

Maka dari itu sebagai salah satu suku Pakpak, Marga Pakpak di Kabupaten Dairi juga perlu melakukan Mubes demi kesuksesan regenerasi Pakpak kearah yang lebih baik.

“Marga Kudadiri salah satu marga Pakpak yang dominan di berdomisili di Kecamatan Sitinjo. Marga yang berasal dari Suak keppas ini juga telah banyak bermigrasi ke berbagai daerah di Indonesia bahkan sampai ke luar negeri,” ungkap Bupati.

Diharapkan melalui Musyawarah Besar lembaga adat Pakpak Sulang Silima Marga Kudadiri ini dapat menambah semangat kebersamaan dan keakraban marga Kudadiri, berru, bere di Dairi.

Semoga Mubes ini diharapkan dapat memelihara agar jalinan kebersamaan dapat berlanjut dikemudian hari.

Iklan

Maka Mubes ini ini tentunya dapat bermanfaat dan terlaksana dengan baik.

Dengan adanya mubes ini tentu akan membetuk kepengurusan yang baru dan dapat menjadi warisan budaya sehingga suku Pakpak dapat terus lestari dan dapat diketahui oleh anak Cucu Marga Kudadiri dimasa yang akan datang.

Baca Juga  Hal Unik! Ikan Emas di Berikan Kepada Bupati Dairi

Diharapkan nantinya dengan terlaksananya Mubes Marga Kudadiri, akan menambah keakraban bagi seluruh pineppar Kudadiri dimanapun mereka berada.

Sebagai warga suku Pakpak kita perlu mendukung, bersatu agar identitas kita semakin yang dikenal baik melalui kesatuan bahasa, adat, dan tanah Ulayat, sebab identitas Pakpak itulah yang membuat kita dikenal.

“Kiranya kita seluruh lembaga adat Pakpak Sulang Silima Marga Kudadiri dapat merangkul semua organisasi Pakpak, agar bersama-sama memajukan Kabupaten Dairi lewat karya dan peran masing-masing khususnya di bidang adat dan Budaya,” Kata Bupati Dairi Eddy Berutu.

Turut hadir Bupati Dairi DR Eddy KA Berutu, Mewakili Kapolres Dairi, Mewakili Dandim 0206 Dairi, Kadis Pariwisata Dairi Rahmat Syah Munthe Tokoh Masyarakat, Camat Sitinjo, Pengurus DPD PPI Dairi, Pengurus PC NU Dairi, Insan Pers, dan para Undangan yang hadir. (Aman Berutu)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button