Daerah

Peringatan Hardiknas 2024 di Dairi Meriah, Pj Bupati : Pemerintah Terus Tingkatkan Partisipasi Wajib Belajar

DAIRI, pelitarakyat.com – Ada yang berbeda pada upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2024 ini ini yang digelar di Stadion Utama Sidikalang, Kamis 2 Mei 2024. Upacara kali ini berlangsung meriah dimana para peserta upacara yang hadir tampak menggunakan pakaian budaya dari berbagai etnis di Indonesia.

Dalam upacara yang tahun ini mengangkat tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, Penjabat (Pj) Bupati Dairi yang juga sebagai pembina upacara Surung Charles Bantjin membacakan amanat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim.

Dalam amanatnya, Nadiem mengajak semua pihak terkait untuk meneruskan gerakan Merdeka Belajar secara berkelanjutan. Semua yang sudah diupayakan harus dilanjutkan sebagai perjalanan ke arah perwujudan sekolah yang kita cita-citakan.

Baca Juga  Tiga Desa Di Kec.Lawe Sigala-gala Lakukan Pencegahan Hama Tikus

Senada dengan hal tersebut, ditemui usai upacara, Pj Bupati Charles Bantjin menyampaikan bahwa pemerintah Kabupaten Dairi juga senantiasa bersemangat dalam meningkatkan angka partisipasi wajib belajar dimana salah satu indikator penting didalamnya adalah Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Dairi tahun 2023 yang mencapai 75,18, meningkat 0,58 (0,78 persen) dibandingkan tahun sebelumnya (74,60).

Iklan

“Selama 2020–2023, IPM Kabupaten Dairi rata-rata meningkat sebesar 0,70 persen per tahun. Selain itu dalam rangka peningkatan layanan pendidikan bagi masyarakat kurang mampu, pemerintah tentu berkewajiban melaksanakan hal tersebut melalui pembangunan ruang kelas belajar saranan prasarana pendidikan yang sudah ditingkatkan. Pemkab juga terus berkomitmen menyukseskan merdeka belajar sebagaimana program dari pemerintah pusat tentunya dengan semangat baru. ini tentu butuh dukungan dari seluruh masyarakat,” ucapnya singkat.

Baca Juga  Tegas, Bupati Eddy Berutu Perintahkan BPBD Survei Jalan Sumbul Tengah Nyaris Amblas

Pada upacara yang dihadiri para unsur Forkopimda, dan jajaran pejabat Pemkab Dairi ini juga digelar penyerahan secara simbolis piala dan piagam penghargaan bagi para pemenang lomba yang telah diselenggarakan sebelumnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button