Imulti Deklarasi Dukung Sora Lebbuh

Ratusan pemuda dan pemudi yang tergabung Ikatan Muda-mudi Lae Trondi (Imulti) mendeklarasikan untuk memilih calon bupati dan wakil bupati Pakpak Bharat Sonni Berutu-Ramlan Boangmanalu di Pilkada Pakpak Bharat 9 Desember 2020 mendatang.

Deklarasi Imulti digelar di Lae Trondi, Desa Boangmanalu, Kamis (4/9/2020) malam. Acara deklarasi dihadiri ratusan anggota keluarga besar Imulti. Hadir juga, penasehat Imulti Desa Boangmanalu, Ramli Boangmanalu.

Ketua Imulti Lehon Munthe menegaskan, Imulti mendeklarasikan dan memberikan dukungan kepada Sonni-Ramlan karena beberapa faktor. Lehon menegaskan memberikan dukungan kepada pasangan Sonni-Ramlan karena mengusung visi misi yang sesuai dengan kepentingan Pakpak Bharat secara khusus Pakpak Simsim.

"Kami mendeklarasikan mendukung Sonni-Ramlan karena punya visi misi semangat putra daerah sudah saatnya memimpin di Pakpak Bharat. Selama ini, belum pernah putra Pakpak lokal (lahir, besar dan berusaha di Pakpak Bharat) jadi pemimpin," kata Lehon dihadapan bakal calon bupati Pakpak Bharat Sonni Berutu, anggota DPRD Pakpak Bharat Hotmauli Malau.

Ia menegaskan akan berjuang untuk mengajak teman, saudara untuk mendukung Sonni-Ramlan di Pilkada nanti. "Saya dan teman-teman anggota Imulti, mengajak teman dan saudara mendukung Sonni-Ramlan," tegasnya.

Meski demikian ini berharap jika nantinya Sonni-Ramlan, menang dan terpilih nanti mereka berharap pemerintah memperhatikan generasi muda Imuti. Salah satunya adalah meningkatkan peran pemuda untuk ambil bagian di pesta-pesta di Lae Trondi, yaitu ketersiadaan alat-alat pesta.

"Pak, jika terpilih kami berharap perhatian bapak untuk memberikan perhatian untuk ketersediaan alat-alat pesta," katanya.

Palum Marbun anggota Imulti juga mendukung Sonni-Ramlan karena dianggap punya visi misi untuk membangun Pakpak Bharat. Diberbagai acara, pasangan Sonni-Ramlan menegaskan akan fokus untuk pembangunan Pakpak Bharat.

"Iya kami lihat dan kami dengar demikian. Kemudian, semangat yang diusung mereka adalah bersifat putra lokal yang mengerti daerah kondisi daerah menjadi pemimpin," ucapnya.

Ia pun mengharapakan jika terpilih nanti, Sonni-Ramlan memperbaiki jalan Uruk Ndeas yang sudah rusak. "Jika terpilih, perhatikan jalan kami yang rusak. Kemudian akses jalan pertanian harus diutamakan," ucapnya.

Lapangan Sepakbola
Usai Imulti deklarasi, Sonni Berutu mengaku senang dan terharu atas deklarasi pemuda-pemudi Imulti. Ia mengaku terharu.

Sonni berjanji akan memperhatikan Imulti. Ke depan pemuda-pemudi akan dibantu. Ia mengharapkan pemuda harus tampil diacara masyarakat.

Demikian juga pemuda atau anak sekolah atau mahasiswa akan menjadi perhatian. Pemuda yang ingin melanjutkan pendidikan juga akan diperjuangkan. Kata dia, program pendidikan yang sudah dibangun baik selama ini akan ditingkatkan lagi. Kata dia, pemuda Imulti juga harus kuliah dan jadi sarjana.

Tak hanya pendidikan, program Sonni-Ramlan jika terpilih nanti akan mencari lapangan sepakbola di Lae Mbalno. "Ingat dan catat pemuda, kita akan buat lapangan sepakbola di Lae Mbalno. Saya dan bang Ramlan akan mengusahakan itu. Saya tidak muluk-muluk," tegasnya.

Sebelumnya, Imulti juga memberikan makanan adat Pakpak kepada Sonni Berutu bersama istri.

Penulis: Aman Berutu
Editor: pelitarakyat
Photographer: Aman

Baca Juga