Olahraga

Ritsu Doan Pemuda Jepang Terbaru di Bundesliga  

Ritsu Doan mencetak gol Bundesliga pertamanya pada 17 Oktober lalu, saat menghadapi Bayern Muenchen. Menerima umpan Fabian Klos, winger asal Jepang ini menyempurnakan serangan balik Arminia Bielefeld. Tembakan terukurnya dari sisi kotak penalti berhasil mengecoh Manuel Neuer.

Gol Doan memang tak mampu menghindarkan Arminia dari kekalahan. Malam itu, sang tim promosi kalah 1-4 dari sang juara bertahan. Namun, secara pribadi, gol tersebut jadi “salam pembuka” Doan kepada kontestan Bundesliga musim ini.

Ia baru datang ke Bielefelder Alm pada awal musim 2020/21. Arminia Bielefeld, yang promosi sebagai juara Bundesliga 2, merekrut Doan dengan status pinjaman dari PSV Eindhoven. Daya eksplosif eks pemain FC Groningen ini dipandang penting oleh Uwe Neuhaus untuk membantu Bielefeld menghindari degradasi.

“Ritsu adalah seorang winger yang cepat dan sangat sulit dihadapi, memiliki kemampuan baik ketika membangun serangan maupun mengonversi peluang. Ia dapat beperan secara fleksibel di lini serang,” ucap Neuhaus mendeskripsikan pemain barunya.

Iklan

Kendati baru berusia 22, Doan telah kenyang pengalaman di sepakbola papan atas. Ia berlaga di Eredivisie bersama Groningen dan PSV selama tiga musim. Selama di Belanda, Doan bermain total 91 kali, mencetak 18 gol dan 10 asis untuk dua klub tersebut.

Baca Juga  Janji Lampard Usai Dipermalukan Bayern Munchen

Link streaming Arminia Bielefeld vs Borussia Dortmund

Doan lahir pada 16 Juni 1998 di Amagasaki, Hyogo, sebuah kota yang berjarak 18 km dari Osaka. Jarak yang dekat membuatnya masuk ke akademi Gamba Osaka. Bakat Doan di tim junior Gamba Osaka cepat disadari oleh manajer tim senior saat itu, Kenta Hasegawa. Doan pun menjalani debut profesionalnya pada 27 Mei 2015, diturunkan lawan FC Seoul di ajang Liga Champions Asia.

Doan mulai rutin dimainkan tim senior saat musim kompetisi 2017. Di ajang J-League, pemain berpostur 1,72 m ini tampil 10 kali dan mencetak tiga gol sebelum direkrut FC Groningen.

Di Arminia Bielefeld, Neuhaus kerap mengandalkannya sebagai winger kanan. Kecepatan dan daya eksplosifnya penting bagi Die Arminen yang cenderung memainkan sepakbola defensif. Selain cepat saat membantu serangan balik, Doan juga pandai mencari celah di lini pertahanan dan memiliki visi umpan yang cukup baik.

Neuhaus pun amat mengandalkan sosok Doan musim ini. Ia selalu tampil sebagai starter pada enam pertandingan Bielefeld di ajang Bundesliga dan DFB-Pokal. Meskipun baru mencetak satu gol dan satu asis, catatan itu cukup menonjol di antara skuad Arminia yang baru mencetak empat gol di Bundesliga 2020/21.

Iklan

Statistik serangan Doan amat menonjol dibanding penggawa Die Arminen lain. Dalam transisi serangan Bielefeld, grafik operan eks pemain Gamba Osaka ini amat menonjol. Doan telah membuat tujuh umpan kunci, delapan umpan ke sepertiga akhir, dan enam umpan ke kotak penalti dari enam pertandingan. Seluruh umpan kunci Doan total bernilai 0,8 xA (expected asisst, nilai probabilitas sebuah umpan menjadi asis), tertinggi di antara pemain Arminia lain.

Baca Juga  Cabor Biliar Dairi Raih 5 Medali di Porprovsu, Bupati Eddy Berutu Sempat Turun dan Beri Semangat Atlet

Selain itu, Doan tampak nyaman menampilkan gaya bermainnya di tanah Jerman. Doan berulangkali merepotkan lawan dengan kecepatan dan kemampuan teknisnya. Pemain dengan 20 caps Timnas Jepang ini telah 13 kali melakukan dribel sukses.

Saat menghadapi Bayern, kecepatan larinya akhirnya berbuah hasil. Dari area pertahanan, Doan berlari cepat dan membuka opsi umpan bagi Fabian Klos pada waktu yang tepat.

Gol itu tentu menyuntik Doan dengan kepercayaan diri. Pada Spieltag 5 Bundesliga, Doan kembali terlibat gol secara langsung. Kali ini ia membuat asis yang berujung gol Sven Schipplock ke gawang VfL Wolfsburg.

Pada Sabtu (31/10/2020) besok, Ritsu yang sedang dalam performa terbaik akan kembali diandalkan Bielefeld saat menjamu Dortmund. Die Borussen wajib waspada dengan pergerakan pemain Jepang itu dalam skema serangan balik tuan rumah.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Iklan
Back to top button