Politik

Pemuda Pakpak Rantau Zikarah Bersama Cabub Sonni Berutu

SALAK, pelitarakyat.com – Di tengah-tengah kesibukannya berkampanye, calon bupati Pakpak Bharat Sonni Berutu, STh menyempatkan diri bertatap muka dengan pemuda Pakpak yang ada di perantauan, Jumat 6 November 2020. Acara yang diselenggarakan pemuda Pakpak Rantau dilaksanakan melalui aplikasi video zoom.

Acara tatap muka yang bertajuk ‘jikarah-jikarah dengan calon bupati Pakpak Bharat’ dilaksanakan mulai pukul 21.00 WIB. Acara tersebut dipandu Veronika Berutu (Jakarta), Ade Putra Manik dan Domsin Tumangger.

Moderator pembuka diskusi online, Veronika Berutu mengatakan diskusi video zoom adalah terselenggara atas inisiatif pemuda Pakpak yang di Rantau.

Kata dia, diskusi digelar untuk mencari sosok pemimpin Pakpak Bharat yang kreatif dan mengerti soal daerah. Tak hanya itu, Veronika juga mengatakan calon bupati dan wakil bupati bisa menggali dan mengembangkan wisata yang banyak di Pakpak Bharat.

“Acara ini terselenggara atas inisiatif pemuda Pakpak di rantau. Kami pemuda Pakpak ingin berdiskusi langsung dengan calon bupati Pakpak Bharat Sonni Berutu,” kata Veronika Berutu.

Veronika mengaku mahasiswa yang mendapat beasiswa dari menteri pariwisata dan Pakpak Bharat itu berharap kepada Sonni nanti jika sudah terpilih nanti, pemuda harus dilibatkan dalam pembangunan. “Pemuda Pakpak harus dilibatkan dalam pembangunan simsim,” harapnya.

Sementara moderator diskusi Ade Putra Manik mengatakan ada sejumlah kriteria calon bupati dan wakil bupati dukungan pemuda asal Rantau. Kata dia, cabub harus punya program untuk membuat rumah adat Pakpak. Kemudian, cabub harus menggali potensi wisata yang ada di Pakpak Bharat. Selanjutnya, cabub harus membangun infrastruktur yang layak untuk masyarakat Pakpak Bharat.

Mengerti Kondisi Daerah
Ade juga meminta cabub untuk mempertahankan kebudayan Pakpak. Tak hanya itu, cabub juga harus mengajak pemuda-pemuda Pakpak berpartisipasi dalam pembangunan Pakpak Bharat. “Itu kriteria kami. Kami berharap pak Sonni dan Ramlan Boangmanalu bisa melaksanakannya jika sudah terpilih nanti. Sebab kami menilai hal tersebut bisa dilakukan oleh Sonni. Apalagi sebagaimana diketahui, Sonni telah lama mengabdi sebagai anggota dewan di Pakpak Bharat. Ia dianggap sudah mengerti dan paham soal kondisi Pakpak Bharat,” kata Ade.

Menyahuti pernyataan pemuda Pakpak Rantau, Sonni Berutu mengaku senang atas terselenggaranya diskusi tatap muka dengan pemuda rantau. Ia mengaku kesempatan diskusi dengan pemuda Pakpak rantau adalah sebagai motivasi sekaligus mendengarkan aspirasi dari pemuda untuk membangun Pakpak Bharat yang lebih baik ke depan.

“Saya mengucapkan terima kasih atas terselenggaranya diskusi ini. Saya mengaku senang bisa bertatap muka dengan pemuda Pakpak yang saat ini berada di rantau,” kata Sonni mengawali pembicaraan.

Sonni mengatakan, tujuannya pencalonannya semata adalah untuk peliasken lebbuh (membangun kampung). Kata dia, pencalonannya berangkat semuanya berangkat panggilan hati. “Saya perlu tegaskan kepada teman-teman saya calon untuk membangun Pakpak Bharat. Saya calon semuanya berangkat dari kekurangan. Saya harus tegaskan saya tidak memiliki harta yang berlimpah untuk mencalonkan diri. Semuanya adalah semata karena semangat untuk membangun lebbuh,” katanya.

Soal harapan dari pemuda, Sonni mengatakan akan melaksanakannya jika diberikan masyarakat untuk memimpin di Pakpak Bharat. Ia mengaku saran yang diberikan pemuda adalah sama dengan visi misinya untuk membangun Pakpak. “Saran teman-teman saya terima, saya akan bekerja sama dan diskusi dengan pemuda bagaimana untuk membangun Pakpak Bharat yang lebih baik,” katanya.

Ia juga mengatakan, untuk pemimpin di Pakpak Bharat tidak boleh biasa-biasa saja. Kata dia, membangun Pakpak Bharat dibutuhkan kerjasama semua pihak termasuk dengan tokoh-tokoh masyarakat Pakpak yang berada di perantauan. “Usul untuk melibatkan dengan tokoh-tokoh masyarakat Pakpak di rantau akan dilaksanakan. Tak hanya tokoh, peran pemuda pun sangat diharapkan,” sebutnya.

Di akhir diskusi, Sonni juga mengajak pemuda Pakpak rantau untuk memberikan masukan untuk pembangunan Pakpak Bharat yang lebih baik.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Back to top button